Nekat Langgar Upaya Pencegahan Covid-19, Siap-Siap Dipidana

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Upaya pencegahan terhadap wabah Corona Virus Disaese (Covid-19) di Kabupaten Lampung Barat terus digalakan. Salah satunya oleh Jajaran Polsek Balikbukit. Dalam upaya itu, Kapolsek Balikbukit Iptu Samsul Bahri menghimbau masyarakat agar dapat mematuhi peraturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

“Untuk mengingatkan serta mengimbau kepada masyarakat agar sebaiknya tetap di rumah dan tidak berkumpul. Karena upaya ini untuk memutus mata rantai penularan Covid-19,” ujar Iptu Samsul Bahri, S.H., mendampingi Kapolres AKBP Rachmat Tri Hariyadi, Minggu  (25/3).

Baca Juga

Ia menerangkan bahwa, ada maklumat yang dikeluarkan Kapolri agar masyarakat tidak melakukan kegiatan yang sifatnya mengumpulkan orang banyak. Masyarakat pun diminta menerapkan hidup bersih dan sehat, serta berolahraga untuk memperkuat imunitas atau kekebalan tubuh terhadap virus.

“Ada ancaman pidana bagi yang berkerumun seperti yang telah diatur dalam UU No. 4/1984 tentang wabah penyakit menular Pasal 14 Ayat (1) bagi yang menghalangi pelaksanaan penanggulangan wabah, diancam pidana penjara 1 tahun atau denda Rp.1.000.000,- dan pada Ayat (2) karena kealpaannya mengakibatkan terhalangnya pelaksanaan penanggulangan wabah, diancam pidana kurungan 6 bulan atau denda Rp.500.000,”terang Samsul.

Pos terkait