2021, Dishut Lampung Prioritaskan Perbaikan Hutan

  • Whatsapp
Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Lampung, Yayan Ruciyansah

Medialampung.co.id – Dinas kehutanan (Dishut) Provinsi Lampung tahun 2021 memprioritaskan program perbaikan hutan, pembinaan kawasan hutan dan mengangkat nilai positif hutan.

“Jadi, kita prioritaskan program perbaikan hutan, pembinaan kawasan kemudian mengangkat nilai positif dari hutan. Jangan kita mengingat hutan ketika terjadi bencana, seperti longsor dan banjir saja, tapi ada banyak potensi yang harus dikelola,” ujar Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Lampung, Yanyan Ruciyansah saat dimintai keterangan, Jumat (12/2).

Bacaan Lainnya

Ia juga mengajak semua instansi terkait sama-sama mengangkat potensi hutan guna mendukung salah satu program Gubernur Lampung, yaitu Petani Berjaya.

Menurutnya, kondisi hutan saat ini dari luas total 1.004.735 hektar, yang dalam kondisi baik kini sekitar 62 %.

“Untuk saat ini hutan yang bagus sekitar 62 %. Insyaallah akan meningkat walaupun saat ini di dalamnya ada petani, tapi akan kita dorong untuk melakukan budidaya secara Agroforestri,” ungkapnya.

Lanjut dia, petani penggarap hutan dibina untuk tetap mengelola dan mendapatkan hasil dari hutan, tapi tidak boleh melakukan penebangan kayu.

“Sekitar 38 % hutan di Lampung masih terus diperbaiki. Petani akan kita dorong terus untuk melakukan Agroforestri atau menanam dalam tiga start, sehingga penanaman menjadi optimal,” tutupnya. (ded/mlo)




Pos terkait