2021, Dispersip Lambar Targetkan 15 Kecamatan Miliki Bentor Perpusling

  • Whatsapp
Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Lambar Drs. Saripan Halim.

Medialampung.co.id – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kabupaten Lampung Barat tahun 2021 mendatang mengusulkan untuk pengadaan enam unit bentor untuk perpustakaan keliling (Perpusling).

“Tahun depan, kita mengusulkan pengadaan enam unit bentor untuk perpustakaan keliling di enam kecamatan yaitu Kecamatan Suoh, Kecamatan Pagardewa, Kecamatan Sukau, Kecamatan Lombokseminung, Kecamatan Batubrak, dan Kecamatan Batuketulis,” ungkap Kepala Dinas Perpustakan dan Kearsipan Drs. Saripan Halim, Senin (23/11)

Bacaan Lainnya


Kata dia, kegiatan pengadaan bentor untuk Perpusling ditingkat kecamatan telah dilaksanakan Pemkab Lambar melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan mulai tahun 2019. Dimana pada tahun 2019 ada empat unit yang dialokasikan untuk Kecamatan Kebuntebu, Kecamatan Way Tenong, Kecamatan Sekincau, dan Kecamatan Bandarnegeri Suoh, tahun ini tiga unit yaitu untuk Kecamatan Gedungsurian, Kecamatan Airhitan dan Kecamatan Belalau, dan satu unit untuk Kecamatan Sumberjaya yang bersumber dari CRS Bank Pembangunan Daerah (BPD), sementara untuk Kecamatan Balikbukit sudah ada kendaraan perpustakaan keliling yang standby di Dinas Perpustakan dan Kearsipan. 

Sedangkan tahun 2021 akan ada pengadaan kendaraan bentor enam unit untuk Kecamatan Suoh, Kecamatan Pagardewa, Kecamatan Sukau, Kecamatan Lumbokseminung, Kecamatan Batubrak dan Kecamatan Batuketulis.

“Target kita tahun depan, 15 kecamatan di Kabupaten Lambar telah memiliki bentor untuk Perpusling. Selain bentor, kendaraan tersebut juga akan dilengkapi dengan buku,” imbuhnya.

Kata dia, pemerintah daerah belum bisa membangun gedung perpustakan keliling di setiap kecamatan, sehingga untuk mendukung program literasi di Kabupaten Lambar maka pihaknya mengusulkan pengadaan bentor untuk setiap kecamatan.

“Dengan adanya kendaraan bentor untuk perpustakaan keliling tersebut diharapkan dapat bermanfaat untuk meningkatkan minat baca masyarakat,” kata pungkas dia. (lus/mlo)




Pos terkait