2021, Pemkab Mantapkan Tiga Komitmen Daerah

  • Whatsapp
Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Ir. Okmal, M.Si

 Medialampung.co.id – Pemkab Lambar menetapkan empat  prioritas pembangunan yang akan dilaksanakan di Kabupaten Lambar pada tahun 2021 mendatang.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Ir. Okmal, M.Si mengungkapkan,  sesuai dengan hasil musyawarah perencanaan pembangunan daerah rencana kinerja pemerintah daerah (musrenbang RKPD) tingkat kabupaten yang dilaksanakan di Ruang Rapat Pesagi, Senin (13/4) telah disepakati tema pembangunan Kabupaten Lampung Barat tahun 2021 yaitu ”Meningkatkan Inovasi, Pelayanan Publik dan Daya Saing Daerah untuk Pembangunan Daerah yang Berkualitas” dengan prioritas pembangunan yaitu memantapkan kualitas infrastruktur daerah dengan memperhatikan mitigasi bencana dan pengelolaan lingkungan, dan meningkatkan kualitas pelayanan dasar guna peningkatan sumberdaya manusia. Lalu peningkatan nilai tambah produk unggulan yang inovatif dan sektor pariwisata untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta meningkatkan kualitas birokrasi dan stabilitas kamtibmas.

Bacaan Lainnya



“Selain itu, memantapkan tiga komitmen daerah yaitu sebagai Kabupaten Literasi, Konservasi dan Kabupaten Tanggap Bencana,” ungkap Okmal.

Lebih jauh Okmal mengatakan,  kaldera Suoh-Ranau, menjadi fokus dalam upaya meningkatkan daya saing daerah melalui pariwisata alam untuk bisa ditetapkan menjadi Geopark dan sebagai perwujudan komitmen Kabupaten Konservasi. Kemudian segera akan dilaksanakan tahap awal dalam rangka penetapan Geopark Kaldera Suoh-Ranau antara lain pembuatan Roadmap Percepatan Geopark, dan Pembentukan Tim Percepatan. 

“Untuk skala prioritas program tahun 2021 adalah panganan pasca pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), serta membangkitan roda perekonomian dengan penerapan pola padat karya tunai (cash for work) dalam rangka membantu masyarakat yang terdampak Pandemi Covid-19,” pungkas dia.

Lanjut dia,  tahun 2021 merupakan tahun keempat pelaksanaan dari rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) Lampung Barat 2017-2022.  Komitmen yang tertuang dalam visi dan misi serta pitu program bupati periode 2017-2022, merupakan cerminan dari kebutuhan dan cita-cita masyarakat Lambar yang perlu dipenuhi, diwujudkan, dan dikembangkan, selama kurun waktu lima tahun kedepan.  

“Untuk itu, hasil musrenbang RKPD akan menjadi pertimbangan utama perumusan rencana kerja dan tolak ukur kinerja organisasi perangkat daerah pada tahun 2021,” tandasnya. (lusi/mlo)



Pos terkait