2022, DAK Bidang Pertanian di Lambar Nihil 

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (DTPH) Lambar Ir. Rusdi

Medialampung.co.id – Kabupaten Lambar tahun ini tidak mendapatkan kucuran dana alokasi khusus (DAK) fisik bidang pertanian. 

Padahal di tahun-tahun sebelumnya daerah ini selalu mendapatkan kucuran dana yang bersumber dari pemerintah pusat tersebut.

Bacaan Lainnya

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (DTPH) Ir. Rusdi mengaku bahwa Kabupaten Lambar tidak masuk kedalam skala prioritas food estate yang merupakan program dari pemerintah pusat sehingga tidak mendapatkan kucuran DAK bidang pertanian. 

“Tahun lalu kita (Lambar) masih dapat DAK fisik bidang pertanian tapi tahun ini nihil,” kata Rusdi, Kamis (13/1).

Dikatakannya, untuk menjaga ketahanan pangan Indonesia jangka panjang, pemerintah merencanakan program food estate di sejumlah daerah di Indonesia. 

Food Estate merupakan konsep pengembangan pangan yang dilakukan secara terintegrasi mencakup pertanian, perkebunan, bahkan peternakan di suatu kawasan. 

“Informasinya program food estate difokuskan di Provinsi Sumatera Selatan dan Kalimantan,” kata dia seraya menambahkan, pihaknya berharap tahun 2023 mendatang Kabupaten Lambar akan kembali mendapatkan kucuran DAK bidang pertanian. 

Lebih jauh dia mengatakan, untuk kegiatan DAK fisik bidang pertanian tahun 2021 lalu telah dilaksanakan 100% secara swakelola oleh kelompok tani, bahkan hasil pembangunan embung dan irigasi telah dimanfaatkan oleh kelompok tani. (lus/mlo)

Pos terkait