25 Orang di RSUDAU di Swab Setelah Dua Pegawainya Positif Covid-19

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Setelah Ny. W dan Ny. T yang merupakan Aparatur Sipil Negara (ASN) di Rumah Sakit Umum Daerah Alimuddin Umar (RSUDAU) Lampung Barat, dinyatakan teepapar Coronavirus Disease 2019 (Covid-19), yang selanjutnya dilakukan tracing dan menghasilkan 26 orang yang diketahui kontak erat, 25 orang diantaranya pegawai RSUDAU langsung dilakukan Swab oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Lambar. 

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Lambar Paijo, SKM, M. Kes., mengatakan, setelah Ny. W dan Ny. T yang merupakan rekan satu kantor positif terpapar Covid-19 maka pihaknya langsung menindaklanjuti dengan melakukan tracing. 

Bacaan Lainnya


“Hasilnya ada 26 orang hasil tracing, 25 orang merupakan rekan satu kantor dari Ny. W dan Ny. T, sementara satu orang lainnya merupakan supir dari Ny. W,” ungkap Paijo, Kamis (10/12).

Menurutnya, hasil Swab terhadap 25 orang tersebut telah dikirim ke Bandarlampung, dan hasilnya akan terbit dalam beberapa hari kedepan. 

“Kita berharap dari mereka yang dilakukan Swab tidak ada yang positif, dan Swab ini dilakukan sebagai salah satu upaya deteksi dini, mengingat mereka telah melakukan kontak erat terhadap dua yang positif terpapar Covid-19,” ujarnya. 

Dilain pihak Kabag Tata Usaha RSUDAU Lambar Agus Darma Putra membenarkan bahwa ada 25 orang pegawai yang ikut di Swab salah satunya dokter internship yang juga sempat melakukan kontak dengan kedua pegawai yang sebelumnya positif terpapar Covid-19. 

“Iya, totalnya ada 25 orang, semuanya rekan sekantor kedua orang yang positif Covid-19, Swab ini untuk memastikan saja karena memang sebelumnya beberapa orang telah di rapid test dan hasilnya juga non reaktif,” bebernya. 

Disinggung soal pelayanan RSUDAU pasca adanya pegawai yang terpapar Covid-19, Agus DP—sapaan Agus Darma Putra menegaskan bahwa pelayanan maupun aktivitas kantor tetap seperti biasanya, hanya penerapan protokol kesehatan lebih ditingkatkan. 

“Pelayanan tetap, para pegawai tetap bekerja seperti biasanya, hanya saja tentu penerapan protokol kesehatan lebih ditingkatkan,” imbuhnya. 

Untuk diketahui, jika per tanggal 8 Desember 2020 jumlah terkonfirmasi Covid-19 di Lampung Barat mencapai 51 orang setelah adanya penambahan sebanyak dua orang, maka per tanggal 9 Desember 2020 terkonfirmasi Covid-19 bertambah dua orang sehingga totalnya kini menjadi 53 orang. (nop/mlo)




Pos terkait