25 Perpustakaan Sekolah dan Pekon Akan Dibina 

  • Whatsapp
Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Lambar Drs. Saripan Halim.

Medialampung.co.id – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Lampung Barat (Lambar) gencar melakukan pembinaan terhadap perpustakaan sekolah dan pekon yang ada di kabupaten ini.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Drs. Saripan Halim mengungkapkan, tahun ini pihaknya akan ada kegiatan pembinaan terhadap 20 perpustakaan sekolah dan lima pekon namun untuk lokasinya belum ditetapkan. 

Bacaan Lainnya

“Tujuan pembinaan perpustakaan ini yakni untuk mengetahui kondisi riil perpustakaan pekon dan sekolah apakah telah sesuai standar yaitu minimal ada buku DDC (buku klasifikasi), buku pengunjung, judul, peta. Lalu, memberikan pengetahuan kepada kepala perpustakaan, pengelola, dan pustakawan pekon dan sekolah sehingga perpustakaan tersebut dapat berfungsi sebagaimana mestinya,” kata Saripan.

Lanjut dia, untuk materi pembinaannya secara umum sama antara sekolah dan pekon, seperti cara pengolahan buku, pelayanan pemustaka, Bahan pustaka, kelengkapan sarana, penataan ruang, sumber daya manusia (SDM) tenaga pengelola perpustakaan, fasilitas IT dan lainnya. 

“Dengan adanya pembinaan kepada perpustakaan ini, diharapkan perpustakaan tersebut lebih berkembang, dan jumlah masyarakat yang berkunjung juga lebih meningkat,” ungkap dia seraya menambahkan, untuk sekolah dan pekon yang sudah pernah dibina di tahun-tahun sebelumnya juga tetap dilakukan pembinaan. (lus/mlo)


Pos terkait