262 Siswa Madrasah Akan Bersaing Di KSM

  • Whatsapp

Medialampung.co.id, PESISIR TENGAH – Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), akan menyelenggarakan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tahun 2019 tingkat Kabupaten yang dipusatkan di MAN 1 Pesisir Barat, Sabtu (20/7) mendatang.

Kasi Pendidikan Islam, Drs.Nursa’ad, M.M., mendampingi kepala kantor Kemenag Kabupaten Pesbar, Hi. Yulizar Andri, S.T, M.Ag., mengatakan KSM tingkat kabupaten yang mengusung tema “Intergrasi Sains dan Islam Menuju Madrasah Hebat dan Bermartabat”, itu rencananya akan diikuti oleh 262 siswa Madrasah Iftidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA) negeri dan swasta.

Bacaan Lainnya



“Ada beberapa bidang mata pelajaran matematika terintegrasi tingkat MI sebanyak 27 peserta, Sains IPA tingkat MI sebanyak 31 siswa,” katanya.

Kemudian, untuk tingkat MTs meliputi matematika terintegrasi diikuti 41 siswa, IPA terpadu terintegrasi 42 siswa dan IPS terpadu terintegrasi 42 siswa. Lalu, tingkat MA yakni matematika terintegrasi diikuti 14 siswa, Biologi terintegrasi 13 siswa, Fisika terintegrasi 11 siswa, Ekonomi terintegrasi 13 siswa dan Geografi terintegrasi sebanyak 17 siswa.

“KSM ini merupakan agenda rutin setiap tahun,” jelasnya.

Dikatakannya, KSM itu bertujuan untuk peningkatan mutu pendidikan Sains di madrasah secara komprehensif melalui penumbuhkembangan budaya belajar, kreativitas, dan motivasi meraih prestasi terbaik, dengan kompetensi yang sehat dan menjunjung tinggi sportifitas serta nilai-nilai islam dalam mempelajari dan memahami sains.

“KSM itu juga kita harapkan mampu mengembangkan bakat dan minat siswa dalam bidang Sains,” ujarnya.

Selain itu juga, masih kata Nursa’ad, diharapkan siswa Madrasah dapat memiliki motivasi tinggi untuk selalu meningkatkan kemampuan, emosional, intelektual, dan spiritual dengan berpedoman pada nilai-nilai agama untuk menjadi yang terbaik dibidangnya. Sehingga menjadi manusia yang mencintai bidang keilmuan dan mampu berkompetisi di tingkat Provinsi dan Nasional.

“Karena itu, peserta KSM yang meraih juara pertama di masing-masing bidang kompetisi itu akan dikirim mewakili kabupaten Pesbar ke tingkat Provinsi pada 15 Agustus mendatang,” jelasnya.

Ditambahkannya, dalam kegiatan KSM tingkat Kabupaten nanti rencananya akan dibuka langsung oleh kepala kantor Kemenag Pesbar, dan dihadiri oleh semua kepala Madrasah se Kabupaten Pesbar. Termasuk juga para pejabat eselon IV dilingkungan Kemenag Pesbar.

“KSM itu hanya dilaksanakan selama satu hari. Karena itu kita berharap kegiatan itu benar-benar dapat dilaksanakan secara serius oleh para peserta sehingga menghasilkan siswa yang berprestasi,” pungkasnya.(yan/d1n/mlo)



Pos terkait