29 Titik PJU Solar Cell Rusak Diperbaiki Pekan Ini

  • Whatsapp

Medialampung.co.id — Sebanyak 29 unit lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) tenaga surya (solar cell) yang dibangun Pemerintah Pusat melalui Kementerian Energi Sumberdaya Mineral (ESDM) di tahun anggaran 2019 lalu, yang telah rusak dalam waktu dekat segera diperbaiki oleh pihak ketiga dari Kementerian ESDM. Demikian dikatakan Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pesbar, Husni Arifin, S.Ip., Selasa (4/8).

Menurutnya, berdasarkan informasi hari ini (kemarin, red) pihak ketiga dari Kementerian ESDM telah menuju Kabupaten Pesbar untuk melaksanakan pengerjaan perbaikan lampu PJU tenaga surya yang telah rusak itu.

Bacaan Lainnya



“Ada 29 titik lampu PJU yang rusak itu tersebar di sejumlah Kecamatan, rata-rata banyak yang tidak menyala dan meski ada yang menyala tapi tidak stabil,” katanya.

Dijelaskannya, jumlah kerusakan lampu PJU tenaga surya yang dibangun oleh Kementerian ESDM tahun 2019 di Kabupaten Pesbar itu sebelumnya berdasarkan pengecekan dan pendataan DLH per tanggal 16 Juni 2020 lalu, dari jumlah itu juga langsung disampaikan ke Kementerian ESDM. Sedangkan, di tahun 2019 lalu Kementerian ESDM membangun lampu PJU solar cell di wilayah Pesbar sebanyak 300 unit lampu PJU tersebar di 14 Pekon di enam Kecamatan yakni Kecamatan Lemong, Way Krui, Pesisir Tengah, Krui Selatan, Pesisir Selatan, dan Ngambur.

“Dari 300 unit lampu PJU itu ada 29 unit yang rusak dan tidak berfungsi, karena itu kita berharap setelah diperbaiki nanti bisa berfungsi lagi,” ujarnya.

Masih kata dia, semua lampu PJU yang dibangun Kementerian ESDM itu hingga kini belum ada penyerahan ke Pemkab Pesbar. Karena itu semua perawatan dan perbaikan kerusakan itu masih menjadi tanggungjawab pusat dalam hal ini Kementerian ESDM. Sebelumnya, DLH setempat juga telah berkirim surat ke Kementerian ESDM agar seluruh lampu PJU solar cell khususnya yang dibangun Pemerintah Pusat itu bisa diserahkan ke Pemkab setempat agar dalam perawatannya bisa lebih dimaksimalkan kembali.

“Tapi sampai sekarang belum ada tindaklanjutnya dari pusat apakah akan diserahkan ke Pemkab atau tidak terkait lampu PJU solar cell itu hingga kini kita masih menunggu pusat. Pemkab melalui DLH setempat hanya menangani lampu PJU yang bersumber dari listrik PLN,” pungkasnya.(yan/d1n/mlo)



Pos terkait