291 KPM BST Kelurahan Pajarbulan Dihapus Tanpa Kejelasan

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Data yang dirangkum dari pihak Kelurahan Pajarbulan, Kecamatan Waytenong, Kabupaten Lampung Barat, setiap penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST) terjadi pengurangan penerima. Seperti penyaluran tahap dua periode Maret-April 2021, berkurang 291 Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Lurah Erna Risnawati, S.E., mengeluhkan terjadinya pengurangan KPM tersebut, yang tidak ada pemberitahuan lebih dulu dari pemerintah pusat, sehingga kelurahan menjadi sasaran komplain warga yang datanya dibuskan.

Bacaan Lainnya


“Pengurangan penerima itu terjadi sejak penyaluran tahap pertama atau periode Januari-Februari sebanyak 50 KPM, dan untuk periode Maret-April pengurangan menjadi 291 KPM. Jangan-jangan pada penyaluran BST tahap berikutnya, jumlah penerima akan berkurang lagi,” kata dia.

Yang jadi masalah bagi pihak kelurahan, tidak mengetahui penyebab pengurangan karena dalam pengurangannya secara otomatis dari Kementerian Sosial (Kemensos), sehingga pihak kelurahan hanya memberikan penjelasan ke masyarakat memang berkurang langsung dari pusat. 

“Paling tidak, walaupun ada pengurangan ada pemberitahuan dan kami bisa memberi pemahaman ke warga,” sebutnya.

Erna menyebutkan pengurangan itu sudah dilaporkan ke Dinas Sosial (Dinsos) Lambar, namun pihak dinsos juga belum memberikan penjelasan atas pengurangan tersebut. 

“Kejadian ini sejak awal sudah kami laporkan tapi belum ada tanggapan dari Dinsos,” imbuhnya. (r1n/hrs/mlo)




Pos terkait