291 KPM PKH di Pesbar Graduasi Selama 2021 

Medialampung.co.id – Selama periode Januari-Desember atau selama tahun 2021, tercatat 291 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) bantuan sosial (bansos) Program Keluarga Harapan (PKH) di Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) graduasi atau tidak lagi sebagai peserta penerima bansos PKH.

Koordinator PKH Kabupaten Pesbar, Dendi Iskandar, S.Pd.I., mengatakan, secara keseluruhan untuk jumlah KPM bansos PKH yang graduasi selama tahun 2021 berjumlah 291 KPM dengan rincian graduasi sejahtera 33 KPM dan graduasi alami atau habis komponen/kategori 258 KPM. Sehingga, kini jumlah peserta atau KPM yang masih menerima bansos PKH di Kabupaten Pesbar berjumlah 11.646 KPM.

Bacaan Lainnya


“Dari jumlah KPM yang masih tercatat sebagai peserta bansos PKH itu dengan total bantuan keseluruhan mencapai Rp9.489.250.000,- dan telah terealisasi pada tahap terakhir di tahun 2021,” katanya, Selasa (21/12).

Dijelaskannya, dengan adanya KPM yang graduasi itu merupakan harapan dari Pemerintah. Mengingat, tujuan utama bansos PKH itu salah satunya untuk mendukung pengentasan kemiskinan. Artinya, masyarakat kurang mampu atau masyarakat miskin yang telah menerima PKH nantinya akan di graduasi setelah tidak ada komponen atau kategori lagi seperti komponen anak sekolah, lansia, dan sebagainya.

“Termasuk, KPM yang sudah dinyatakan sejahtera, maka akan tidak lagi tercatat sebagai peserta PKH dan harus di graduasi,” jelasnya.

Diakuinya, dengan jumlah graduasi sebanyak 291 KPM selama tahun 2021 itu merupakan jumlah yang cukup banyak, hal ini menunjukan bansos PKH benar-benar membantu masyarakat. Sehingga, kedepan mudah-mudahan banyak KPM bansos PKH lainnya di Pesbar yang graduasi, baik secara mandiri dan lainnya.

“Kita juga tetap minta masyarakat dan semua pihak terkait agar mendukung bansos PKH itu, sehingga kedepan bisa kembali terlaksana dengan baik dan bermanfaat untuk masyarakat,” pungkasnya.(yan/d1n/mlo)


Pos terkait