3.307 Ekor Hewan Kurban Disembelih Pada Idul Adha 1442 H di Tanggamus

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Kabupaten Tanggamus mengatakan ada sebanyak 3.307 ekor hewan kurban yang disembelih di Kabupaten Tanggamus selama perayaan Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriyah.

Menurut Kepala Bidang Kesehatan Hewan, Disbunnak Tanggamus dr.Ari Priyanto 3.307 hewan kurban tersebut rinciannya sapi 598, kerbau 31 ekor, kambing 2.608 ekor dan domba 70 ekor. 

Bacaan Lainnya

Untuk kurban sapi terbanyak di Kecamatan Gisting dengan jumlah 121 ekor, Kerbau terbanyak di Kecamatan Kotaagung Barat sebanyak 7 ekor, kambing paling banyak di Kecamatan Kotaagung Barat sebanyak 420 ekor dan untuk domba terbanyak di Kecamatan Kotaagung Timur sebanyak 28 ekor domba. 

“Jumlah tersebut berdasarkan hasil pendataan dari petugas di 20 kecamatan,” kata Ari Priyanto mewakili Kepala Disbunnak Tanggamus Dhani Riza Efriansyah, Senin (26/7).

Dilanjutkan Ari dari pemeriksaan yang dilakukan terhadap hewan kurban baik dari pemeriksaan sebelum disembelih atau ante mortem dan sesudah disembelih (post mortem) tidak ditemukan adanya hewan kurban yang sakit atau cacat sehingga tidak layak kurban, begitu juga dengan organ tubuh dari hewan kurban tidak ditemukan adanya cacing.

“Jadi kesimpulannya, semua hewan kurban yang disembelih di Kabupaten Tanggamus semua sehat dan layak konsumsi,” tegas Ari.

Diakui Ari bahwa jumlah petugas pemeriksa hewan kurban memang tidak sebanding dengan luas wilayah Kabupaten Tanggamus dan juga jumlah puskeswan. Namun hal itu disiasati dengan sosialisasi mengenai nomor kontak person dari petugas pemeriksa hewan kurban.

“Untuk jumlah petugas sebenarnya masih kurang, tapi kita siasati dengan memberikan nomor hp dari petugas kepada semua camat untuk disebarkan kepada kepala pekon, jika ada masalah maka dapat menghubungi petugas, Alhamdulillah tidak ada permasalahan berarti dilapangkan,” pungkas Ari (ehl/rnn/mlo)


Pos terkait