3 Kampung di Tuba Masih Kategori Sangat Tertinggal

  • Whatsapp
Ilustrasi - Kampung Bakung Udik di Kecamatan Gedungmeneng

Medialampung.co.id – Dari 147 kampung dan 4 kelurahan di Kabupaten Tulangbawang, ternyata masih ada 3 kampung yang masuk ke dalam kategori sangat tertinggal.

Hal ini diungkapkan oleh Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Pemprov Lampung Taufik Hidayat, saat menghadiri Musrenbang tingkat Kabupaten Tulangbawang di kantor Pemkab setempat, Kamis (5/3).

Tiga kampung yang masuk ke dalam kategori sangat tertinggal adalah, Kampung Aji Mesir di Kecamatan Gedungaji Baru, Kampung Bakung Udik di Kecamatan Gedungmeneng, dan Kampung Karya Cipta Abadi (KCA) di Kecamatan Rawajitu Selatan.

Taufik Hidayat berharap kedepannya Pemerintah Kabupaten Tulangbawang dapat lebih memperhatikan ketiga kampung tersebut sehingga dapat keluar dari kategori kampung sangat tertinggal.

Menanggapi hal tersebut, Bupati Tulangbawang Winarti langsung memerintahkan jajarannya, khususnya pejabat terkait untuk memberikan perhatian lebih kepada tiga kampung tersebut.

“Kita akan segera bahas kondisi tiga kampung itu. Saya juga akan meminta laporan terkini kondisi ketiga kampung,” kata Winarti.

Terpisah, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Kampung/kelurahan (DPMPK) Yen Dahren mengungkapkan jika pihaknya telah mengetahui hal tersebut.

Yen Dahren mengaku, pihaknya juga telah menggelar rapat khusus membahas tiga kampung tersebut dengan Bappeda Litbang, Dinas Kesehatan, Tenaga Ahli Pendamping Desa, serta telah mengundang tiga kampung tersebut.

“Rencana kedepan kita akan mengkordinir agar tiga kampung tersebut keluar dari kategori sangat tertinggal,” ungkapnya.

Menurutnya, banyak yang harus dikerjakan untuk membuat kampung keluar dari kategori sangat tertinggal, seperti infrastruktur, sarana dan prasarana, sekolah, fasilitas kesehatan, sumber daya manusia, dan lain sebagainya.

“Salah satu arah penggunaan dana desa adalah bagaimana anggaran tersebut dapat digunakan dan dimanfaatkan untuk menghapus atau mengeluarkan kampung dari kategori sangat tertinggal,” tandasnya. (nal/mlo)



Pos terkait