30 Sekolah Jadi Sasaran Program GSMS 

  • Whatsapp
Kabid Kebudayaan Disdikbud Lambar Riadi Andrianto, S.H

Medialampung.co.id – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Lampung Barat melalui Bidang Kebudayaan menyelenggarakan Program Gerakan Seniman Masuk Sekolah (GSMS) tahun 2021.

“Untuk Kabupaten Lambar ada 30 seniman dan para seniman tersebut rencananya pada Juni mendatang mulai melakukan pembelajaran ke sekolah,” ungkap Kabid Kebudayaan Riadi Andrianto, S.H, mendampingi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bulki, S.Pd, M.M, Senin (10/5).

Dijelaskannya, program GSMS ini merupakan program Direktorat Pengembangan dan Pemanfaatan Kebudayaan Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 

Program ini bertujuan untuk menumbuhkan minat bakat peserta didik di bidang seni budaya. Selain itu juga untuk menjalin kerjasama yang bersinergi antara sekolah dengan para seniman, kemudian untuk menumbuhkan budaya sekolah yang sehat, menyenangkan, mengasyikkan, mencerdaskan dan menguatkan karakter, yang pada gilirannya akan membentuk dan membangun sikap kreatif, apresiatif dan inovatif bagi anak didik. 

“Tujuan lainnya yaitu meningkatkan ekosistem sekolah yang berbudaya dan melestarikan (melindungi, mengembangkan, dan memanfaatkan) nilai budaya dan objek pemajuan kebudayaan,” kata dia. 

Menurut dia, pada tahun 2021 ini, ada sebanyak 800 seniman yang akan disebar di 40 Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi/Kabupaten/Kota di Indonesia.

“Dari 800 orang seniman itu, 30 orang diantaranya akan ditempatkan di Kabupaten Lambar dengan rincian 25 orang akan ditempatkan di sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP) sedangkan lima orang akan ditempatkan di lima sekolah menengah atas (SMA) dan sekolah menengah kejuruan (SMK),” kata dia seraya menambahkan, untuk tingkat SMA/SMK yaitu SMAN 1 Sumberjaya, SMAN 1 Waytenong, SMAN 1 Liwa, SMAN 2 Liwa dan SMKN 1 Liwa. 

Lanjut Riadi, program GSMS tahun ini akan dilaksanakan bulan Juni hingga September 2021 dengan jumlah pertemuan sebanyak 16 kali. “Pada akhir proses pembelajaran, kita (Disdikbud) bekerjasama dengan seniman akan melaksanakan pertunjukan untuk merayakan hari ulang tahun (HUT) Kabupaten Lambar pada bulan September mendatang,” pungkas dia. (lus/mlo)




Pos terkait