30 Warga Kotaagung akan di Rapid Test

  • Whatsapp
Ilustrasi

Medialampung.co.id – Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Tanggamus terus lakukan tracking atas adanya pasien 03 positif Covid-19. Hasilnya besok (25/7) tim Covid-19 dari UPT Puskesmas Kotaagung akan melakukan Rapid Test terhadap 30 orang warga . 

Kepala dinas kesehatan kabupaten Tanggamus, Taufik Hidayat ketika dikonfirmasi medialampung.co.id Jumat (24/7) membenarkan 30 warga yang akan di Rapid Test tersebut. 

Bacaan Lainnya



Menurut Taufik Hidayat, berdasarkan laporan pihak UPT Puskesmas Kotaagung, ke 30 orang akan di Rapid Test tersebut merupakan hasil treking tim Covid-19, di enam titik lokasi kecamatan Kotaagung. 

“Jadi tinggal menunggu hasil Rapid Test besok, jika dari hasil Rapid Test ada yang reaktif, maka akan ditindak lanjuti dengan pengambilan swab . Untuk diperiksa di laboratorium,” terang Taufik Hidayat. 

“Tapi lanjutnya, mudah mudahan semua hasil Rapid Test, Non Reaktif,” tuturnya. 

Diberitakan sebelumnya, Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Tanggamus melakukan swab kepada Empat orang yang kontak erat dengan pasien 03 positif Covid-19. 

Kepala UPT Puskesmas Kotaagung dr. Benson mengatakan, empat orang itu merupakan rekan pasien 03 yang bekerja sebagai outsourcing Pertamina Kotaagung.

”Empat orang ini merupakan rekan kerja terdekat pasien 03. Tes Swab dilakukan hari ini dan besok. Selanjutnya dikirim ke laboratorium,” kata Benson, Kamis (23/7).

Diketahui, lelaki berusia 47 tahun yang tinggal di Wisma Hosela, Jalan Harapan, Kelurahan Pasarmadang, Kecamatan Kotaagung ini terkonfirmasi positif berdasar hasil tes Swab di Puskesmas Kotaagung.

Juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Tanggamus dr. Eka Priyanto mengatakan, pasien 03 ini merupakan outsourcing Pertamina Kotaagung.

Ia memiliki riwayat perjalanan dari Palembang ke Jakarta untuk mencari pekerjaan pada 17 Juni 2020.

“Sebelumnya pasien melakukan rapid test di Palembang dengan hasil non reaktif,” kata Eka dalam press rilisnya, Rabu (22/7).

Kemudian pasien tersebut menjalani tes Swab di Rumah Sakit Husada dengan hasil negatif.

Sebagai syarat bekerja di Pertamina, kembali dilakukan rapid tes oleh pihak KKP di Hotel Setia Kotaagung dengan hasil non reaktif.

Kemudian pada 19 Juli, dilakukan rapid tes ulang di penginapan Wisma Hosela, Pasarmadang. “Hasilnya reaktif,” ujarnya.

Dari sini, dilanjutkan dengan tes Swab di Puskesmas Kotaagung oleh tim Gugus Tugas Covid-19 dengan hasil positif.

“Selanjutnya sekitar pukul 15.00 WIB, Rabu (22/7), pasien 03 menjalani isolasi di RSUD Batin Mangunang untuk penanganan lebih lanjut sesuai tata laksana kasus Covid-19,” papar Eka. (ehl/mlo)



Pos terkait