31 Satgas SAR Ikuti Pelatihan Selama Empat Hari

  • Whatsapp

Medialmpung.co.id – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lampung Barat, menggelar pelatihan bagi Satuan Tugas (Satgas) Search and Rescue (SAR) yang dipusatkan di Wisma Sindalapai Kelurahan Pasar Liwa Kecamatan Balikbukit, selama empat hari Senin-Kamis (1-4/11).

31 orang peserta pelatihan tersebut berasal. Dari tiga pekon yakni Pekon Sumberagung Kecamatan Suoh, Bandaragung Kecamatan Suoh dan Pekon Ujung Kecamatan Lumbokseminung dan juga personel SAR BPBD.

Bacaan Lainnya

Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan pada BPBD Lambar Hidayatullah mengatakan, pelatihan peningkatan kapasitas Satgas SAR tersebut menghadirkan instruktur dan narasumber dan pelatih dari Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG), Badan SAR Nasional (Basarnas), Palang Merah Indonesia (PMI) dan TNI. 

Pelatihan yang diberikan kepada Satgas SAR tersebut berupa materi dan juga praktek, yang bertujuan peningkatan kapasitas Satgas SAR agar lebih memahami akan tugas pokok dan fungsi (Tupoksi). Peserta diberikan materi SAR dari Basarnas, pemahaman dan ilmu kesamaptaan dari TNI dan materi lainnya dari instruktur dan narasumber. 

“Pelatihan dilaksanakan sekaligus untuk mempersiapkan diri bagi Satgas SAR dalam menghadapi bencana atau musibah yang sewaktu-waktu bisa melanda. Dengan pelatihan ini tentunya mereka akan paham terkait teknik bantuan hidup dasar dan teknik evakuasi,” ungkap Hidayatullah mendampingi Kepala BPBD Lambar Maidar. 

Terusnya, adanya pelatihan ini juga diharapkan para personel dapat mengaplikasikan materi yang sudah diberikan oleh instruktur dan bisa melaksanakan dengan baik. 

Menurutnya, pelatihan potensi SAR untuk penanggulangan bahaya alam ini memang sangat relevan untuk wilayah Lambar dan harus ditingkatkan kualitas dan kemampuan potensi SAR di berbagai bidang. (nop/mlo)

Pos terkait