323 Siswa di SMAN 1 Pesisir Selatan Terima PIP

  • Whatsapp
Kepala SMAN 1 Pesisir Selatan, Rodi Satria, S.Pd, M.Pd.

Medialampung.co.id – Sebanyak 323 siswa kurang mampu, dari total 690 siswa di SMAN 1 Pesisir Selatan, Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), mendapat bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) yang dikucurkan Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) tahun anggaran 2020.

Kepala SMAN 1 Pesisir Selatan, Rodi Satria, S.Pd, M.Pd., mengatakan selama tahun anggaran 2020, siswa kurang mampu yang mendapat bantuan dari PIP terdapat 323 orang sesuai Surat Keputusan (SK) penerima PIP dari Kemendikbud, rinciannya pada SK penerima tahap I terdapat 110 siswa dan tahap III ada 213 siswa.

Bacaan Lainnya


“Sementara, di SK penerima tahap II di SMAN 1 Pesisir Selatan ini tidak ada. Karena itu, PIP yang diterima oleh siswa kurang mampu itu hanya pada tahap I dan III saja,” katanya, Senin (2/11).

Dijelaskannya, meski di sekolah itu masih ada beberapa siswa kurang mampu lainnya yang belum mendapat bantuan PIP, dirinya berharap ditahun anggaran 2021 mendatang dapat terakomodir dan tercatat sebagai siswa penerima PIP. Mengingat semua siswa kurang mampu yang ada di sekolah ini telah diajukan untuk mendapat bantuan PIP, namun yang menentukan itu dari pemerintah Pusat.

“Meski telah diajukan untuk mendapat bantuan PIP, tapi belum terealisasi, ini juga bisa saja terkendala karena beberapa faktor, salah satunya tidak memiliki Kartu Indonesia Pintar (KIP),” jelasnya.

Masih kata dia, pihak sekolah tentu akan tetap berupaya agar siswa kurang mampu yang belum pernah mendapat bantuan PIP itu nantinya bisa masuk sebagai penerima bantuan dari Pemerintah Pusat. Karena dengan adanya bantuan PIP dari pemerintah tentu akan sangat bermanfaat bagi para siswa untuk kebutuhan sekolah sesuai dengan peruntukannya.

“Bantuan PIP yang telah disalurkan kepada siswa penerima agar dimanfaatkan untuk kebutuhan sekolah seperti membeli buku siswa, tas sekolah dan kepentingan lainnya yang berkaitan dengan siswa itu sendiri disekolah,” ujarnya.

Sehingga, kata dia, adanya bantuan PIP dari Pemerintah itu pemanfaatannya benar-benar tepat sasaran, dan tentunya meringankan beban siswa kurang mampu maupun orangtua siswa untuk kepentingan di sekolah. Pihaknya juga mengimbau kepada siswa kurang mampu lainnya yang belum mendapat bantuan PIP tersebut agar dapat bersabar. Mudah-mudahan kedepan bisa direalisasikan oleh Pemerintah.

“Sedangkan untuk di SMAN 1 Pesisir Selatan ini jumlah siswa penerima PIP terhitung sejak 2018 lalu hingga 2020 ini mengalami penurunan yakni di 2018 jumlah penerima sebanyak 432 siswa, dan di tahun 2019 sebanyak 434 siswa, serta tahun 2020 ini hanya 323 siswa,” pungkasnya.(yan/d1n/mlo)




Pos terkait