337 Ha sawah dan 142 Rumah Terendam Banjir

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Berdasarkan data yang berhasil dihimpun, banjir akibat jebolnya Tanggul Sungai Way Haru pada Sabtu (25/1) merendam tiga pekon di Kecamatan Bandarnegeri Suoh (BNS) Kabupaten Lampung Barat.

Ada total sekitar 337 Hektare areal persawahan terendam, 142 rumah, dan 104 haktar kebun kakao. Beruntungnya tidak ada korban jiwa dalam bencana banjir tersebut hanya saja kerugian materil tak dapat terelakkan.

Bacaan Lainnya



Camat BNS Suryanto mengungkapkan, banjir tersebut disebabkan oleh jebolnya tanggul Way Haru akibat tingginya debit air sungai tersebut pasca hujan deras mengguyur wilayah hulu.

“Kami terus mengimbau masyarakat yang berada di sekitar aliran sungai atau berdekatan dengam tanggul untuk tetap waspada guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan,” ungkapnya.

Pihaknya berharap, normalisasi sungai way haru bisa kembali dilakukan, khususnya perbaikan tanggul yang jebol serta perbaikan bronjong yang juga jebol mengingat itu menjadi penyebab banjir terjadi.

“Sejak dilakukan normalisasi beberapa tahun lalu banjir mulai berkurang, banjir kembali terjadi karena jebolnya tanggul di beberapa titik yang ada di sepanjang aliran sungai tesebut,” kata dia. (nop/mlo)



Pos terkait