344 Siswa Berprestasi Terima Penghargaan

  • Whatsapp
SERAHKAN BEASISWA: Sebanyak 344 siswa berprestasi di Lambar yang diterima di perguruan tinggi negeri (PTN) tahun 2019 menerima bantuan penghargaan (Reward) secara simbolis dari bupati Lambar Parosil Mabsus di Aula Kagungan, (26/9/2019). - Foto Doc

Medialampung.co.id – Sebanyak 344 siswa berprestasi di Kabupaten Lambar yang diterima di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) tahun 2019 menerima bantuan penghargaan (Reward) dari  Pemkab Lambar.

Bantuan penghargaan tersebut diserahkan secara simbolis oleh Bupati Hi. Parosil Mabsus didampingi Wakil Bupati Hi. Mad Hasnurin, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Wasisno Sembiring, S.E, M.P dan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bulki, S.Pd, M.M di Aula Kagungan, Kamis (26/9).

Bacaan Lainnya



Bupati Hi. Parosil Mabsus mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu bagian dari kebijakan Pemkab Lambar dalam menyerahkan penghargaan bagi siswa berprestasi karena pendidikan itu penting dan pendidikan merupakan pondasi untuk menuju keberhasilan dan kebahagiaan di dunia dan akhirat.

“Nilai penghargaan yang diberikan pemerintah tidak lah sebanding yang bapak dan ibu berikan kepada anak-anak, tetapi pemerintah daerah memiliki keinginan untuk mencerdaskan generasi muda yang ada di Kabupaten Lampung Barat. Penghargaan ini sebagai motivasi dan dorongan agar generasi muda belajar lebih giat,” tegas Parosil seraya menambahkan, bantuan ini jauh dari kata cukup dan kedepan akan dilakukan evaluasi serta diharapkan kedepan jumlahnya bertambah dari yang diberikan saat ini.

Masih kata dia, pemerintah daerah akan terus berupaya untuk bersama-sama membangun dunia pendidikan di Lambar ini dengan sebaik-baiknya, dan terus melakukan berbagai terobosan serta inovasi agar pembangunan di sektor pendidikan dapat setara dengan daerah lainnya yang lebih maju.

Menurut dia, pendidikan akan berkualitas jika ada peran serta pemerintah, peran Pemkab Lambar antara lain memberikan beasiswa kepada siswa-siswi yang diterima di PTN jurusan kedokteran, kemudian memberikan seragam gratis. Untuk benar-benar terlepas dari status Kabupaten tertinggal diperlukan adanya kesadaran tentang pentingnya pendidikan agar bisa bersaing dengan kabupaten lain, oleh sebab itu pemerintah daerah menyiapkan seragam gratis. “Secara nasional dan Lampung, hanya Lambar yang menyiapkan baju sekolah gratis kepada siswa yang diterima pada tahun ajaran baru sebanyak tiga stel, yaitu merah putih/putih biru, batik dan pramuka,” kata dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bulki, S.Pd. ,M.M mengungkapkan, maksud diselenggarakannya kegiatan pemberian penghargaan bagi siswa berprestasi yang diterima di PTN dan PTIN antara lain memberikan penghargaan bagi siswa lulusan SMA, MAN dan SMK melalui jalur tes dan undangan serta meningkatkan kecintaan apresiasi siswa-siswi Kabupaten Lampung Barat sebagai tanah kelahirannya.

“Tujuan kegiatan ini mendukung bakat dan minat siswa siswi asal Kabupaten Lampung Barat yang telah diterima di perguruan tinggi (PTN) dan perguruan tinggi islam negeri (PTIN) sesuai bidang studi yang dipilih dengan harapan setelah selesai dapat mengabdikan ilmu yang didapat untuk Lambar, serta memberi motivasi bagi siswa siswi SMA, MA dan SMK Lambar untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi,” ungkap Bulki.

Kata dia, jumlah siswa penerima penghargaan  sebanyak 344 orang, rinciannya jenjang S1 PTN sebanyak 122 orang, jenjang S1 PTIN 164 orang dan jenjang D3 sebanyak 58 orang. “Untuk S1 PTN setiap siswa mendapatkan bantuan penghargaan sebesar Rp1 juta, jenjang S1 pada PTIN Rp800 ribu/orang sedangkan jenjang D3 menerima batuan Rp600 ribu/orang, sehingga total dana bantuan sebesar Rp288 juta,” pungkas dia. (lus/mlo)



Pos terkait