35 Orang Pelaku UMKM Ikuti Pelatihan Vokasional

  • Whatsapp
Ilustrasi

Medialampung.co.id – Sebanyak 35 orang pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kabupaten Lampung Barat mendapatkan pelatihan Vokasional Bidang Makanan dan Minuman dari Dinas Koperasi UMKM Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Lampung yang dipusatkan di Seminung Lumbok Resort, Sabtu (8/8/2020).

Kepala Diskoperindag Lambar Yudha Setiawan, saat membacakan sambutan pada pembukaan pelatihan tersebut menguntungkan, kegiatan diharapkan bisa membawa manfaat yang lebih besar, utamanya bagi pelaku UMKM khususnya di Lambar.

Bacaan Lainnya



Keberadaan UMKM ditengah masyarakat banyak memberikan manfaat. Utamanya dalam meningkatkan perekonomian. Prinsip dasar UMKM itu adalah saling membutuhkan, saling menguatkan, menguntungkan.

“Sedangkan tujuan dan peran UMKM menurut Bab Il pasal 4 dan pasal 5 Undang-Undang No. 20 tahun 2008 antara lain kita rasakan UMKM di tengah-tengah kehidupan saling percaya dan saling penumbuhan kemandirian, kebersamaan dan kewirausahaan UMKM untuk berkarya dengan prakarsa sendiri,” kata Yudha

Kemudian mewujudkan kebijakan publik yang transparan, akuntabel, dan berkeadilan pengembangan usaha berbasis potensi daerah dan berorientasi pasar sesuai dengan kompetensi UMKM, peningkatan daya saing UMKM Penyelenggaraan perencanaan, pelaksanaan,dan pengendalian secara terpadu mewujudkan struktur perekonomian nasional yang seimbang, berkembang,dan berkeadilan.

Selain itu, menumbuhkan dan mengembangkan kemampuan UMKM menjadi usaha yang tangguh dan mandiri, meningkatkan peran UMKM dalam pembangunan daerah, penciptaan pendapatan, pertumbuhan ekonomi,dan pengentasan kemiskinan serta lapangan kerja dan pemerataan.

“Untuk itu saya berharap kepada seluruh pelaku usaha dalam pelaksanaan program kerjanya agar senantiasa memperhatikan dan berpedoman pada Keputusan Koperasi Menteri Negara dan UMKM Petunjuk No.91/Kep/M.KUM/IX/2004 pelaksanaan kegiatan usaha KJKS serta peraturan- peraturan menteri lainnya menyangkut pelaksanaan usaha kegiatan,” ujarnya.

Selanjutnya, terkait dengan pelatihan ini dalam upaya meningkatkan kualitas dan produktivitas SDM pelaku usaha, mempunyai manfaat yang besar bagi peserta program. Tidak hanya untuk diri pribadi para peserta pelatihan, namun juga diharapkan untuk kelembagaan di masa yang akan datang.

“Selain itu pelatihan ini diharapkan mampu memberikan pemahaman secara menyeluruh terkait teori dan implementasinya bagi seluruh peserta, sehingga berdampak positif untuk usahanya masing-masing, ” imbuhnya.

Ia berpesan kepada peserta agar menggunakan kesempatan ini sebaik-baiknya untuk menimba ilmu terkait dengan kewirausahaan bagi UMKM semaksimal mungkin, sehingga memperoleh optimal dan mampu diandalkan untuk hasil merealisasikan program kerjanya ke depan.

“Gunakanlah kesempatan ini sebaik – baiknya untuk menimba ilmu terkait dengan Vokasional Bidang Makanan dan Minuman semaksimal mungkin, sehingga memperoleh hasil optimal dan mampu diandalkan untuk merealisasikan program kerjanya kedepan, ” imbuhnya. (nop/mlo)



Pos terkait