354 PPS se-Kabupaten Pesbar Resmi Dilantik

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Sebanyak 354 Panitia Pemungutan Suara (PPS) Pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) 2020, serentak resmi dilantik Senin (15/6) di Sekretariat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) masing-masing.

Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pesbar Divisi SDM dan Parmas, Zairi Opani, mengatakan pelantikan PPS itu berdasarkan Surat Ketua KPU RI Nomor 441/PL.02-SD/01/KPU/VI/2020 tentang pengaktifan kembali PPK dan PPS pada Pemilu Tahun 2020. Pelantikan dilakukan oleh seluruh anggota KPU Pesbar sesuai dengan koordinator wilayah kecamatan masing-masing.

Bacaan Lainnya



“Pelaksanaan pelantikan sesuai dengan protokol kesehatan penanganan Covid-19 yakni jaga jarak, memakai masker, pengecekan suhu tubuh dan lainnya,” katanya.

Selain itu, kata dia, jumlah peserta pelantikan dibatasi maksimal 50 orang, karena itu dalam pelantikan itu dilakukan bertahap disetiap sekretariat PPK masing-masing yang dimulai pukul 13.00 WIB untuk tahap I dan pukul 14.00 WIB untuk tahap II sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan KPU Pesbar.

“Semua PPS Pilkada itu harus sudah dilantik hari ini sesuai arahan dari KPU RI, dan pelaksanaan pelantikan berjalan lancar,” jelasnya.

Sementara itu, kata dia, setelah dilantik KPU Pesbar akan melaksanakan tahapan bimbingan teknis (bimtek) terhadap semua PPS melalui virtual meeting atau dalam jaringan (daring).

Namun bagi PPS yang berada di lokasi terpencil atau terkendala sinyal internet, pelaksanaan Bimtek dilakukan secara tatap muka dan tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Kita berharap kepada seluruh PPS yang dilantik itu dapat melaksanakan tugasnya dengan baik dan maksimal, sehingga pelaksanaan Pilkada Pesbar 2020 nanti berjalan sukses,” ujarnya.

Dijelaskannya, dalam melaksanakan tugasnya nanti semua PPS juga harus tetap menerapkan protokol kesehatan, mengingat Pilkada 2020 dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19 meski begitu setiap tahapan yang dilakukan oleh PPS tidak terkendala.

“Kita berharap PPS dapat bekerja dengan maksimal, serta dapat terus berkoordinasi dengan PPK dan juga KPU Pesbar,” pungkasnya.(yan/d1n/mlo)



Pos terkait