36 Kasus Baru Covid-19 di Lambar, 25 Diantaranya dari Balikbukit

  • Whatsapp
Satgas Penanganan Covid-19 Lambar Bidang Komunikasi Publik Erna Yanti, S.Farm, Apt, MPH.

Medialampung.co.id – Terkonfirmasi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) di Kabupaten Lampung Barat, pada Rabu (21/7) bertambah sebanyak 36 kasus.

Denga penambahan tersebut, maka total kasus Covid-19 di Lambar sejak 2020 lalu mencapai 1.653 kasus. Rinciannya 69 kasus kematian, 562 sedang menjalani isolasi dalam pantauan tenaga kesehatan, dan 1,030 lainnya sudah dinyatakan sehat atau sembuh.

Bacaan Lainnya

Satuan Tugas (satgas) Penanganan Covid-19 Lambar Bidang Komunikasi Publik Erna Yanti, S.Farm, APT, MPH., mengungkapkan, penambahan tersebut berasal dari Kecamatan Balikbukit 25 kasus, Sumberjaya tujuh kasus, Pagardewa dua kasus, Batubrak satu kasus dan Waytenong satu kasus.

”Untuk 25 kasus dari Kecamatan Balikbukit, rinciannya dua memiliki riwayat perjalanan dari Balam, satu kasus memiliki warung, satu kasus memiliki riwayat dari Pesbar, dan 21 kasus hasil tracing, kemudian untuk tujuh kasus dari Sumberjaya itu satu memiliki riwayat ke pasar dan ngelayat, satu ke pasar, satu sering menghadiri yasinan, dan empat kasus hasil tracing, selanjutnya Pagardewa dua kasus, Batubrak satu kasus dan Waytenong satu kasus semuanya hasil tracing,” ungkap Erna. 

Dikatakannya, dengan adanya penambahan tersebut petugas kesehatan kembali melakukan tracing untuk mencari orang-orang yang telah melakukan kontak erat dengan yang positif terkonfirmasi Covid-19 untuk selanjutnya dilakukan pemeriksaan lebih lanjut, dalam rangka memutus rantai penyebaran virus yang ditemukan pertama kali di Wuhan, China tersebut.

”Tetapi tentunya kita berharap tidak ada penambahan lagi hasil tracing yang dilakukan petugas, sehingga rantai penyebarannya bisa terputus. Kemudian kami sangat mengharapkan kesadaran dari masyarakat dan mau mengakui ketika memiliki gejala yang mengarah kepada Covid-19, sehingga bisa segera ditangani untuk mempercepat kesembuhan dan tidak bertambah parah,” ujarnya.

Pihaknya juga tidak henti-hentinya mengimbau masyarakat untuk mematuhi protocol kesehatan dalam beraktivitas sehari-hari sehingga tidak terpapar Covid-19, yakni dengan selalu memakai masker, rajin mencuci tangan menggunakan sabun, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas.

”Terlebih kasus terkonfirmasi Covid-19 di Lambar terus bertambah, karena itu kita harus sama-sama berupaya untuk memutus rantai penyebarannya,” pungkas Erna Yanti. (nop/mlo)


Pos terkait