4.840 KPM Terima Dana BLT Kemensos

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Kementerian Sosial (Kemensos), mulai menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT) ke masyarakat yang terdaftar sebagai penerima bantuan dalam rangka meringankan beban masyarakat akibat wabah corona yang kini tengah berlangsung.

Kabid Pemberdayaan Sosial, Rena Novasari, S.H., mendampingi Kadis Sosial Agus Triyadi, S.Ip., mengatakan jumlah keluarga penerima manfaat (KPM) yang terdaftar sebagai penerima BLT Kemensos mencapai 7.015 KPM, tapi dari jumlah itu belum semuanya mendapatkan bantuan pada tahap pertama.

Bacaan Lainnya



Sekarang baru 4.840 KPM yang menerima bantuan itu dan tersebar di seluruh kecamatan, dimana penyalurannya dilaksanakan melalui Kantor Pos Krui sebanyak 3.273 KPM dan Kantor Pos Ngambur sebanyak 1.567 KPM, kata dia.

Dijelaskannya, bagi masyarakat yang telah terdaftar namun belum menerima dana bantuan pada penyaluan pertama, pihaknya minta agar bersabar, karena masih ada tahapan penyaluran berikutnya oleh kemensos.

Kita yakin semua data yang disampaikan ke Kemensos dan lulus verifikasi akan menerima bantuan itu, tapi tidak dilaksanakan secara serentak melainkan dilaksanakan bertahap, jelasnya.

Selain itu, dalam penyaluran yang dilaksanakan kantor pos, setiap pekon tidak memiliki jadwal pasti kapan akan menerima bantuan itu, tapi akan dihubungi oleh pihak kantor pos terlebih dahulu.

Dalam penyaluran yang dilaksanakan kantor pos, setiap kecamatan dan pekon tidak ada jadwal kapan akan melakukan pengambilan dana bantuan, tapi pengambilan baru bisa dilakukan jika sudah dihubungi kantor pos, terangnya.

Ditambahkannya, dalam penyaluran bansos BLT itu, setiap KPM menerima dana sebesar Rp600 ribu itu merupakan bantuan untuk April, sementara alokasi  bulan mei belum disalurkan.

Penyaluran bantuan itu dilaksanakan selama tiga bulan, setiap bulan KPM akan menerima dana sebesar Rp600 ribu, dana itu bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, ujarnya.

Selanjutnya, dalam pelaksanaan penyaluran bantuan tersebut, pihaknya meminta kepada kecamatan agar melakukan pengawasan, jika ada permasalahan terkait data penerima agar menyampaikan laporan ke Dinsos Pesbar.

Kita sedang menyiapkan surat ke kecamatan agar dapat melakukan pengawasan penyaluran dana bantuan itu, sehingga penyalurannya tepat sasaran dan tidak ada permasalahan di tengah masyarakat, tandasnya. (ygi/d1n/mlo)



Pos terkait