4 Kabupaten Siap Laksanakan KBM Tatap Muka

  • Whatsapp
Kabid Pembinaan SMK Disdikbud Lampung Zuraida Kherustika

Medialampung.co.id – Sebelumnya, penerapan proses kegiatan belajar mengajar (KBM) secara tatap muka di Sekolah Menengah Atas dan Kejujuran (SMA/SMK) ditentukan apabila daerah itu berstatus zona hijau, tapi saat ini tidak demikian. 

Ketentuannya diserahkan ke pemerintah kabupaten (pemkab) masing-masing yang mengetahui kondisi daerahnya.

Bacaan Lainnya

“Untuk sekarang berdasarkan keputusan Menteri tidak lagi melihat Zona melainkan keputusan daerah masing-masing yang mengetahui daerahnya,” ujar Kabid Pembinaan SMK Disdikbud Lampung Zuraida Kherustika saat diwawancarai di ruang kerjanya, Kamis (7/1).

Berdasarkan keputusan menteri tersebut maka keluar Surat Edaran (SE) Gubernur dengan Standar operasional Prosedur (SOP) yang ada. Kemudian dilanjutkan  Kacabdin meminta rekomendasi dari gugus tugas kabupaten masing-masing.

“Kita harus tetap melihat untuk tenaga pendidik, siswa dan warga kabupaten tersebut atau bukan supaya tidak terpapar Covid-19. Maka kita minta pemetaan dari dinas kesehatan setempat untuk Kecamatan yang mana yang boleh dan tidak melakukan KBM secara tatap muka. Kita tetap memprioritaskan keselamatan dari guru, siswa dan masyarakat setempat,” tambahnya.

Lanjutnya, setelah kacabdin mendapat rekomendasi maka dari pihak sekolah juga belum tentu melakukan KBM tatap muka dengan melihat kesiapan SOP Protokol Kesehatan dan juga izin dari wali murid.

“Kalaupun tidak mendapatkan izin KBM tatap muka Proses belajar tetap dengan Daring yaitu guru di sekolah dan siswanya di rumah,” terangnya.

Ia juga mengatakan kalau mendapatkan izin dari wali murid maka sekolah membuat berita acara diajukan ke Kacabdin untuk kesiapan tatap muka tersebut. 

“Setelah itu Kacabdin ke lapangan untuk memverifikasi terkait kesiapan SOP Protokol Kesehatan.  Kemudian Kacabdin membuat nota dinas ke Pemerintah Provinsi Lampung melalui Dinas Pendidikan dan tim akan memverifikasi berkas masuk apakah benar-benar sesuai atau tidak. Kalau sudah sesuai semua maka akan diterbitkan izinnya,” paparnya.

Ia juga menambahkan saat ini sudah ada Empat Kabupaten yang akan melaksanakan KBM tatap muka, Yaitu Kabupaten Lampung Tengah (Lamteng), Mesuji, Lampung Barat (Lambar)dan Pesisir Barat (Pesbar).

“Iya, Saat ini ada Empat Kabupaten yang siap melakukan KBM tatap muka, namun tidak semua ada beberapa kecamatan yang belum diizinkan. Seperti di Lampung Tengah dan Mesuji. Untuk Lambar dan Pesbar semua telah mendapatkan izin dengan sistem  bergantian,” tutupnya. (ded/mlo)


Pos terkait