4 Pasar di Pagardewa Kembali Buka, Ini Syaratnya

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Sempat ditutup pekan kemarin kekhawatiran penyebaran Coronavirus Disease 2019 (Covid-19). Empat pasar di Kecamatan Pagadewa, Kabupaten Lampung Barat (Lambar) yakni Pasar Sidodadi, Pasar Basungan, Pasar Pahayujaya dan Pasar Sidomulyo kembali beroperasi seperti biasa. 

Kepastian dibukanya kembali ke empat pusat perputaran ekonomi warga Kecamatan Pagardewa tersebut berdasarkan surat pemberitahuan dari Camat M. Yones, S.STp, M.H., kepada seluruh peratin. 

Bacaan Lainnya



Tertera, sehubungan dengan pencegahan dan penanganan penularan covid-19 di wilayah kerja Kecamatan Pagardewa tersebut diinstruksikan kepada seluruh peratin khususnya yang pekon memiliki sarana pasar maka pasar masih dapat dibuka atau tidak harus ditutup total seperti pekan sebelumnya.

Namun tetap memperhatikan, seperti antara pedagang yang satu dengan yang lain harus saling berjauhan, minimal dua meter dan harus menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) seperti masker. 

Sebelum pasar dibuka dan setelah ditutup untuk dilakukan sterilisasi dengan penyemprotan desinfektan, serta disiapkan tempat cuci tangan dengan sabun cair di titik-titik tertentu pasar.

“Artinya baik pengunjung ataupun pedagang diharuskan semaksimal mungkin melakukan cuci tangan setiap, setelah melakukan transaksi jual beli, bahkan sebaiknya menggunakan sarung tangan atau plastik saat menerima atau memberikan uang maupun barang dagangan,” tegasnya. 

Dan tidak kalah pentingnya, kepada para pembeli agar setelah berbelanja langsung pulang ke rumah masing-masing dan dilarang untuk nongkrong berlama-lama di pasar.

“Saya harap masyarakat bisa menerapkannya, dan kepada petugas serta aparatur pekon untuk bertindak tegas memberikan teguran kepada warga yang kurang mengindahkan anjuran-anjuran yang diberikan. Karena ajakan itu untuk kebaikan bersama,” tegas Yones. 

Sementara Rian, salah satu pedagang sembako asal Kecamatan Waytenong yang rutin berdagang di pasar, menyebutkan, saat dilakukannya penutupan pekan kemarin secara otomatis penghasilannya pun turun drastis. Bahkan banyak pelanggan yang minta agar sembako diantar ke rumah, 

Namun dengan kembali dibukanya pasar tentu memberikan semangat lagi baginya untuk berdagang.

“Memang sejak adanya anjuran pemerintah kami selaku pedagang mentaatinya dengan menggunakan masker, jaga jarak dan beberapa lainnya. Karena kami juga takut dan berharap virus itu tidak ada ditempat kita,” ungkapnya. (rin/mlo)



Pos terkait