400 Warga dari Luar Negeri Masuk ODP Lamteng

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Sebanyak 400 warga yang baru datang dari luar negeri masuk dalam daftar Orang Dalam Pengawasan (ODP) Dinas Kesehatan (Diskes) Lampung Tengah. Hal ini diungkapkan Kadiskes Lamteng dr. Otniel Sriwidiatmoko.

“Sebanyak 400 ODP baru pulang dari luar negeri. Sebanyak 317 orang sudah menjalani karantina mandiri selama 14 hari. Ada 83 orang sisanya sedang menjalani isolasi di rumah atau karantina mandiri,” katanya.

Bacaan Lainnya



ODP lainnya, kata Otniel, ada sebanyak 12 yang dirawat di rumah sakit dan puskesmas. “Ada 12 ODP lainnya dirawat di RSHB, RSYMC, RSUD DSR, RSI, dan puskesmas. Kalau yang positif corona belum ada. Hanya ada dua pasien dalam pengawasan (PDP),” ujarnya.

Terkait ada satu PDP dari Kecamatan Gunungsugih yang dikabarkan meninggal dunia, Otniel membenarkannya.

“Pasien sebelumnya sudah dua hari menjalani perawatan dan diisolasi di RSUD DSR. Pasien dijemput keluarganya dari Merak, Provinsi Banten. Ketika dibawa ke RS, kondisi pasien sudah tak sadarkan diri. Pasien diketahui memiliki riwayat penyakit tuberkulosis (TBC). Pasien meninggal dunia, Senin (23/3) sekitar pukul 21.00 WIB,” katanya.

Melihat perjalanan riwayat pasien ini, kata Otniel, Diskes langsung mengisolasi keluarga yang pernah kontak dengan pasien.

“Kita langsung isolasi keluarga yang pernah kontak dengan pasien. Kita juga lakukan penyemprotan disinfektan di rumah keluarga pasien dan sekitarnya,” ungkapnya. (rnn/sya/mlo)



Pos terkait