41 Ribu Lebih Pelanggan PLN Masih Gunakan Listrik Pascabayar

  • Whatsapp
Ilustrasi

Medialampung.co.id – Sebanyak 41 ribu lebih pelanggan listrik PT. PLN Rayon Liwa masih menggunakan KWH listrik pascabayar, sementara untuk pelanggan yang telah berimigrasi ke KWH listrik prabayar atau biasa disebut listrik pintar kini sudah mencapai 32 ribu lebih.

Manager PT PLN Rayon Liwa Royhan menjelaskan, secara bertahap PT PLN memang telah memprogramkan penggantian KWH listrik dari pasca bayar ke prabayar, sebab KWH listrik prabayar di nilai memilik kelebihan, salah satunya lebih praktis.

Bacaan Lainnya



“Menggunakan listrik prabayar atau listrik pintar, sangat membantu pelanggan untuk mengendalikan pemakaian listrik sehingga dapat disesuaikan dengan anggaran belanja, dengan nilai token bervariasi mulai dari Rp20 ribu hingga Rp100 ribu,” terangnya.

Selain itu, lanjut dia, pelanggan tidak dikenakan biaya jika terjadi keterlambatan, dan tidak ada sanksi pemutusan, serta jaringan untuk pembelian listrik isi ulang pun sangat luas. Menurutnya, dengan listrik prabayar itu juga dapat mengurangi komplain pelanggan yang selama ini terjadi. Sebab, terdapat sejumlah pelanggan yang mengeluhkan kesalahan dalam pencatatan meteran listrik sehingga pembayaran dinilai tidak sesuai dengan pemakaian.

“Artinya adanya program ini juga untuk mengurangi komplain dari konsumen mengenai kesalahan dalam pencatatan meteran, dan klaim pelanggan mengenai tenaga pencatatan listrik yang masuk mencatat meteran listrik. Dengan listrik pintar ini, dijamin tidak akan terjadi komplain pelanggan dan tunggakan listrik pelanggan yang menumpuk hingga miliaran rupiah,” bebernya.

Untuk saat ini, pihaknya terus mensosialisasikan kepada pelanggan listrik agar beralih menggunakan listrik prabayar, sebab program itu nantinya akan diwajibkan dan seluruh pelanggan yang saat ini masih menggunakan listrik pascabayar berangsur-angsur akan dialihkan.

“Perlu kami ingatkan pengalihan listrik pasca bayar ke prabayar sendiri tidak dipungut biaya apapun. Cukup dengan pengajuan permohonan sambungan prabayar dengan mendatangi kantor pelayanan PLN,” tandasnya seraya menambahkan bahwa  masyarakat yang bermigrasi ke prabayar dipastikan terus meningkat dan pihaknya pun terus berupaya agar pelanggan PLN 100% menggunakan listrik prabayar. (edi/mlo)



Pos terkait