42 Nakes Puskesmas Biha Ikuti Vaksinasi Dosis Tiga

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Biha Kecamatan Pesisir Selatan, Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) mulai melakukan vaksinasi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) dosis ke-3 jenis Moderna khusus untuk Tenaga Kesehatan (Nakes), di Puskesmas setempat, Jumat (20/8).

Kepala UPT Puskesmas Biha, Septono, S.Km, M.M., mengaku pelaksanaan vaksinasi dosis tiga khusus  untuk nakes di Puskesmas Biha itu dimulai hari ini dan rencananya akan dilakukan dua tahap. Secara keseluruhan jumlah nakes di Puskesmas Biha sebanyak 97 orang. Sementara yang mengikuti vaksinasi dosis tiga tahap pertama berjumlah 42 orang, dengan jenis vaksin moderna.

Bacaan Lainnya

“Nakes lainnya akan mengikuti vaksinasi tahap kedua yakni pada Selasa (24/8) nanti, termasuk yang tertunda masih menunggu sampai bisa mengikuti vaksin dosis tiga,” katanya.

Dikatakannya, untuk nakes yang terpapar Covid-19 di Puskesmas setempat harus menunggu sampai tiga bulan untuk dilakukan vaksinasi dosis tiga tersebut. Karena itu, dirinya berharap dalam pelaksanaan vaksinasi dosis tiga terhadap nakes di Puskesmas setempat tidak terkendala, mengingat vaksinasi dosis tiga itu sangat dianjurkan, salah satunya bagi seluruh nakes dalam upaya peningkatan antibodi terhadap virus untuk pencegahan penyebaran wabah Covid-19.

“Kita juga minta seluruh nakes di Puskesmas Biha ini untuk tetap menjaga imunitas tubuh dan kesehatannya, serta tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat,” jelasnya.

Ditambahkannya, terkait dengan pelayanan kesehatan di Puskesmas Biha terhadap masyarakat setempat akan terus dimaksimalkan. Bahkan, untuk pelayanan  hingga kini belum ada kendala, dan tetap menerapkan protokol kesehatan (Prokes) secara ketat. 

Selain itu, sebagai upaya pencegahan penyebaran wabah Covid-19, pihaknya tetap mengimbau seluruh masyarakat di Kecamatan Pesisir Selatan yang belum mengikuti vaksinasi Covid-19 untuk segera melaksanakan vaksinasi.

“Yang terpenting itu diharapkan untuk tidak bosan-bosannya menerapkan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari, seperti memakai masker saat beraktifitas keluar rumah, mencuci tangan pakai sabun, menjaga jarak dan lainnya,” tandasnya.(yan/d1n/mlo)


Pos terkait