46 Marbot Masjid di Pesbar Belum Terima Insentif

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Dari 154 orang, terdapat 46 orang di Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) hingga kini belum menerima insentif Marbot Masjid dari Pemkab setempat yang disalurkan melalui Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Daerah Kabupaten (Setdakab) Pesbar.

Kabag Kesra Setdakab Pesbar, Herman, S.Ip, M.M., mengatakan, insentif marbot masjid untuk tahap pertama selama enam bulan yakni sejak Januari hingga Juni tahun 2021 itu masih ada yang belum terealisasi. Hal itu bukan karena ada kesengajaan untuk menunda pencairan. Tapi karena ada beberapa faktor, sehingga menyebabkan pencairan insentifnya terkendala.

Bacaan Lainnya

“Ada 46 orang marbot masjid yang belum menerima insentif Januari-Juni 2021, saat ini masih menunggu Surat Keputusan (SK) marbot masjid itu keluar, setelah itu baru bisa direalisasikan,” katanya, Selasa (16/11).

Dijelaskannya, keterlambatan itu karena ada beberapa faktor seperti ada marbot masjid yang sudah meninggal dunia, pindah domisili, keterlambatan syarat pengajuan untuk pencairan dan sebagainya. Sehingga, semuanya harus kembali diproses mulai dari awal. Dicontohkannya, jika ada marbot masjid yang meninggal atau pindah domisili tentu harus ada SK marbot pengganti. Sebab insentif untuk marbot masjid itu telah dianggarkan sesuai dengan usulan jumlah marbot masjid di negeri para sai batin dan para ulama itu.

“Karena itu, dari 154 orang yang kita anggarkan, masih ada 46 orang marbot masjid yang belum mendapat insentif dari Pemkab Pesbar, mudah-mudahan dalam waktu dekat bisa terealisasi,” jelasnya.

Sementara itu, kata dia, untuk realisasi insentif marbot masjid tahap kedua yakni Juli-Desember 2021, hingga kini masih dalam proses perlengkapan berkas persyaratan dan lainnya untuk pengusulan pencairan. 

Dirinya berharap tidak ada kendala semua marbot masjid itu akan kembali menerima insentif tahap kedua awal Desember 2021 mendatang telah direalisasikan melalui rekening masing-masing marbot masjid.

“Karena dalam pencairan insentif marbot masjid itu langsung ditransfer ke rekening masing-masing. Jumlah insentif setiap marbot masjid itu Rp500 ribu per bulan, artinya dalam satu tahun insentif yang diterima sebesar Rp6 juta,” pungkasnya.(yan/d1n/mlo)

Pos terkait