48 Pendekar dari Lima Kabupaten Bertarung Pada Sirkuit Pencak Silat Zona III di GOR Aji Saka

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Sirkuit Pencak Silat Provinsi Lampung Zona III Putaran II dilaksanakan di Kabupaten Lampung Barat tepatnya di Gedung Olahraga (GOR) Aji Saka Kawasan Sekuting Terpadu Pekon Watas Kecamatan Balikbukit, dibuka langsung oleh Bupati Lambar Hi. Parosil Mabsus, Kamis (9/9).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Bupati Mad Hasnurin, Kapolres AKBP Hadi Saipul Rahman, Dandim 0422 Lambar Lektol Czi Benni Setiawan, Ketua Ikatan Pencak Silat (IPSI) Lambar Akmal Abdul Nasir, Sekretaris Umum IPSI Lampung Riagus Ria, Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Lambar Devi Sukartono, Ketua Persatuan Setia Hati Terate (PSHT) Cabang Lambar Sugiono Adi Pranoto yang diwakili Ketua Bidang Penjurian Harman dan tamu undangan lainnya. 

Bacaan Lainnya

Saat membuka secara resmi Sirkuit Pencak Silat Zona III Putaran II tersebut, mengatakan, pencak silat merupakan suatu seni bela diri tradisional, pencak silat juga merupakan olahraga bela diri yang memerlukan banyak konsentrasi. 

“Pencak silat memiliki peranan cukup penting dalam meningkatkan sikap mental, kedisiplinan dan kualitas diri generasi muda yang berkesinambungan, sehingga akan mencetak generasi muda yang berjiwa kesatria,” ungkapnya. 

Selain itu, kata dia, pencak silat sebagai salah satu sarana yang bisa digunakan untuk melatih kepercayaan diri dan kecerdasan anak secara menyeluruh, bukan hanya fisik tapi juga spiritual. Di alam pencak silat seorang anak dilatih untuk adu tanding/sambung, jurus senam massal, daya tahan/fisik bahkan tidak hanya itu seorang anak juga akan dilatih tentang kepemimpinan dan spiritual. 

“Harapannya dengan kegiatan hari ini, dapat muncul atlet-atlet pencak silat yang hebat sehingga bisa membuat bangga Lampung Barat, kegiatan ini merupakan sarana untuk perkembangan pertandingan sebagai persiapan atlet-atlet pencak silat yang akan bertanding pada masa mendatang,” ujarnya. 

Selain itu, ia juga berharap kepengurusan IPSI Lambar terus memiliki semangat untuk memajukan organisasinya dalam pembinaan bagi para atlet dalam mendulang prestasi.

“Pemerintah daerah siap mendukung langkah-langkah pengurus IPSI untuk berupaya melakukan pembinaan agar mampu mencapai prestasi yang lebih baik pada event-event selanjutnya,” pungkasnya.

Sementara Pelatih IPSI Lambar Kennet Ivandi mengatakan, untuk Zona III Putaran II digelar di Lambar yang diikuti oleh lima kabupaten, yakni Lambar, Pesisir Barat, Lampung Utara, Waykanan dan Tulangbawang Barat. 

“Untuk jumlah atlet yang akan bertanding yakni berjumlah 48 orang, yang akan bertanding di 73 partai, dengan sistem poin,” beber Kennet. 

Nantinya, kata dia, untuk peserta yang lolos akan mengikuti partai final di Bandarlampung pada Desember mendatang. “Nantinya akan dilakukan seleksi kembali di Bandarlampung untuk memilih pesilat yang akan mewakili Lampung untuk mengikuti PON Aceh 2023 mendatang,” pungkasnya.(nop/mlo)


Pos terkait