5 Bahan Alami Atasi Kulit Gatal

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – lagi-lagi kebanjiran. Hujan lebat yang mengguyur Jakarta sejak semalam, membuat beberapa wilayah tergenang banjir.

Bicara dampak banjir, maka tidak akan jauh-jauh dari penaykit kulit. Karena mau tidak mau, Anda menyentuh genangan banjir yang terkontaminasi bakteri.

Dampak ringan dari banjir membuat Anda mengalami gatal-gatal pada kulit. Kondisi ini tentu membuat Anda tidak nyaman.

Ada beberapa tips mengatasi kulit gatal dengan bahan alami yang bisa Anda temukan di rumah. Dilansir dari Medicalnewstoday, berikut ulasannya.

 Air mawar

Air mawar dianggap ampuh dalam mengatasi gatal-gatal di kulit. Air mawar bisa membersihkan kulit yang terpapar banjir karena mengandung anti-inflamasi yang juga mencegah infeksi kulit lebih lanjut.

 Mentol essence

Bahan alami ini dianggap bisa mengatasi gatal-gatal pada kulit akibat air banjir. Cara penggunaannya bisa dilarutkan dengan air hangat, kemudian kaki direndam di dalamnya. Penambahan minyak hangat direkomendasikan untuk hasil yang lebih baik.

Cuka apel

Beberapa beauty influencer merekomendasikan cuka apel sebagai bahan alami lainnya, yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah gatal kulit akibat banjir. Cuka apel juga dipercaya bisa menjadi disinfektan dan antiseptik alami. Untuk menggunakannya, Anda diminta melarutkan cuka apel dengan air (1:1) dan basuh ke area kaki yang gatal.

Baking soda

Baking soda dipercaya mampu membuniuh jamur yang mungkin saja menempel di kulit kaki Anda karena banjir. Tidak hanya itu, baking soda juga dipercaya bisa mengatasi gatal-gatal pada kulit.

Jika Anda ingin menjajalnya, disarankan untuk mandi dengan larutan baking soda dan air hangat.

Lidah buaya

Lidah buaya juga dianggap bisa mengatasi gatal-gatal di kulit akibat banjir. Lidah buaya itu adalah pelembap alami yang langsung bisa diserap kulit.

Karena itu, mengoleskan langsung batang lidah buaya cukup direkomendasikan. Namun, kalau Anda punya lidah buaya dalam bentuk gel, itu pun tidak masalah. (okezone/mlo)



Pos terkait