5 Pekon di Gedungsurian Laksanakan Verifikasi ODF

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Dalam upaya mencapai target menjadikan Lampung Barat (Lambar) sebagai kabupaten Open Defecation Free (ODF) atau Stop Buang Air Besar (BAB) sembarangan, Tim Dinas Kesehatan (Diskes) Lambar bersama masing-masing Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas melakukan verifikasi ODF di pekon-pekon. 

Seperti  dilaksanakan di Kecamatan Gedungsurian. Pekan ini, Empat pekon yakni, Pekon Trimulyo, Pekon Puramekar, Pekon Ciptawaras dan Pekon  Mekarjaya dilakukan verifikasi ODF. Sedangkan Pekon Gedungsurian terlebih telah dilakukan awal Februari kemarin. 

Bacaan Lainnya



Kepala UPT Puskesmas Gedungsurian Minarni, S.K.M, M.Kes., menyebutkan verifikasi tersebut merupakan pembinaan oleh tim gabungan dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Lambar dan kecamatan bersama pekon yang bertujuan mewujudkan pekon ODF, menuju Kabupaten Lambar ODF. 

Dalam verifikasi tersebut tim turun lapangan untuk menilai keadaan secara real, seperti  sarana buang air besar (jamban) yang dimiliki masyarakat.

Setelah tahapan itu rencananya November akan dilanjutkan dengan verifikasi oleh tim Provinsi Lampung sebagai bentuk keseriusan dan kesanggupan bersama tidak adanya kebiasaan BAB sembarangan. 

Dijelakan Minarni, secara umum verifikasi yang dilaksanakan secara door to door ke rumah warga di lingkup pemangku.

Ditemukan masih ada warga jambannya belum memenuhi standar kesehatan. Seperti toilet tidak ada tabung (Septic Tank), dan dibuang ke kolam atau kali (sungai).

Dan itu semua akan menjadi tugas bersama, secara bergotong royong antar warga dan aparat untuk pembuatan  jamban yang memenuhi standar kesehatan.

“Harapan saya, agar semua masyarakat mendukung upaya ODF ini demi kesehatan bersama,” tandasnya. (rin/mlo)



Pos terkait