50 Pelaku UMKM Ikuti Sosialisasi Pengembangan Kewirausahaan

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Sebanyak 50 pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Kabupaten Lambar mengikuti sosialisasi pengembangan kewirausahaan yang digelar Dinas Koperasi UKM, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoprindag) di aula Dinas Kesehatan, Selasa (19/11).

Kegiatan sosialisasi tersebut dibuka Sekretaris Diskoprindag Drs. Helmi serta menghadirkan narasumber dari Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI Remy Evanda dan Thereesje Muntuan, Platform Perdagangan Eletronik “Shopee” M. Riva Pratama dan Rico Alfarizy, serta BPBD Cabang Liwa Dody Oktiawan.

Bacaan Lainnya



Dalam sambutannya, Sekretaris Diskoprindag Drs. Helmi mengungkapkan, kewirausahaan merupakan persoalan penting di dalam perekonomian suatu bangsa yang sedang berkembang. Kemajuan atau kemunduran ekonomi suatu bangsa sangat ditentukan oleh keberadaan dan peranan dari kelompok wirausahaan. “Tidak dapat dipungkiri bahwa kewirausahaan dapat membantu menyediakan begitu banyak kesempatan kerja, berbagai kebutuhan konsumen, jasa pelayanan, menumbuhkan kesejahteraan dan tingkat kompetisi suatu daerah,” ujar Helmi.

Dengan adanya sosialisasi pengembangan kewirasusahaan ini diharapkan wirausaha yang dikembangkan akan mampu merubah pendapatan keluarga agar lebih baik lagi dan Diskoprindag Kabupaten Lambar akan memprogramkan kegiatan pengembangan kewirausahaan melalui pendidkan dan pelatihan baik yang dilaksanakan provinsi maupun kabupaten, yang nantinya diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendapatan keluarga khususnya usaha rumahan yang ada di Kabupaten Lambar.

“Saya yakin dan percaya bahwa dengan mengikuti pengembangan kewirausahaan ini, para peserta akan menjadi wirausahaan yang sukses yang tujuannya adalah meningkatkan jumlah wirausaha berkualitas, membudayakan semangat wirausaha di masyarakat, memajukan dan mensejahterakan masyarakat, membudayakan semangat, sikap, perilaku dan kemampuan berwirausaha di kalangan masyarakat,” pungkas dia.

Sementara itu, Ketua Pelaksana yang juga menjabat Kabid Koperasi dan UKM Ihtiwan Dzikri, S.Sos, M.M., dalam laporannya mengatakan, kegiatan sosialisasi pengembangan kewirausahaan tersebut diikuti 50 UMKM di Kabupaten Lambar, sedangkan tujuannya untuk meningkatkan jumlah wirausaha berkualitas, membudayakan semangat wirausaha di masyarakat, mendidik masyarakat hidup efisensi dan tidak boros, serta sebagai generator pembanguann lingkungan pribadi dan kesejahteraan masyarakat.(lus/mlo)



Pos terkait