6.253 Warga Pesbar Sudah Divaksin Covid-19

  • Whatsapp
Ilustrasi

Medialampung.co.id – Sebanyak 6.253 warga di Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) telah dilakukan vaksinasi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19). Meski begitu, Pemkab Pesbar melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) menargetkan pelaksanaan vaksinasi itu tetap diupayakan sesuai dengan droping vaksin dari Pemerintah Provinsi Lampung.

Kabid Pelayanan Kesehatan dan SDK, Arfi Julizar, S.Km., mendampingi Kadinkes Pesbar, Tedi Zadmiko, S.Km, S.H, M.M., mengaku untuk melaksanakan vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Pesbar hingga kini baru tercatat 1.253 warga yang sudah divaksin. Dengan rincian untuk sasaran tenaga kesehatan sebanyak 634 orang, lanjut usia (lansia) ada 356 orang, dan pelayanan publik sebanyak 4.903 orang.

Bacaan Lainnya

“Sedangkan vaksinasi untuk masyarakat umum baru mencapai 360 orang. Karena untuk masyarakat umum itu merupakan vaksinasi tahapan lanjutan,” katanya, Minggu (18/7).

Dikatakannya, hal itu dilakukan setelah prioritas tenaga kesehatan, pelayanan publik dan lansia terlebih dahulu selesai divaksinasi, sesuai dengan target dari Pemerintah Pusat. Sehingga, saat ini Dinkes Pesbar juga masih tetap akan melakukan vaksinasi tahapan lanjutan terutama terhadap masyarakat umum sesuai dengan jumlah dropping vaksinasi yang diberikan oleh Pemprov Lampung nanti.

“Sesuai dengan program dari Pemerintah Pusat mengenai pelaksanaan vaksinasi Covid-19 itu, kita juga tentu berharap semua masyarakat yang ada di Kabupaten Pesbar ini bisa segera mengikuti vaksinasi,” jelasnya.

Untuk itu, masih kata dia, jika nanti dalam pelaksanaan vaksinasi lanjutan kembali dilaksanakan oleh Pemkab Pesbar melalui Dinkes setiap Puskesmas yang ada di Kabupaten ini agar dapat diikuti kembali oleh masyarakat umum. Dengan begitu, target vaksinasi terhadap masyarakat umum bisa tercapai maksimal. Mengingat vaksinasi Covid-19 merupakan upaya dari Pemerintah dalam mengantisipasi penularan Covid-19.

“Masyarakat di Kabupaten Pesbar ini juga berperan aktif dalam memutus rantai penyebaran Covid-19, selain tetap menerapkan protokol kesehatan juga diharapkan untuk mengikuti vaksinasi Covid-19 itu,” pungkasnya.(yan/d1n/mlo)


Pos terkait