608 CJH Lambar Mulai Terima Vaksinasi Covid-19

  • Whatsapp
Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh Kemenag Lambar Kailani

Medialampung.co.id – Sebanyak 608 Calon Jemaah Haji (CJH) asal Kabupaten Lampung Barat mulai mendapatkan vaksinasi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) sejak Jumat (23/4) yang diawali untuk CJH asal Kecamatan Sumberjaya yang dipusatkan di  puskesmas setempat. 

Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh pada kantor Kementerian Agama (Kemenag Lambar Kailani, S.Sos,I, M.M., mengungkapkan, pelaksanaan vaksinasi Covid-19 untuk 608 CJH tersebut dilaksanakan di puskesmas tempat domisili masing-masing CJH. 

Bacaan Lainnya


“Untuk pelaksanaan dimulai sejak Jumat, dan dilanjutkan untuk kecamatan-kecamatan lainnya mulai Senin besok dan melihat kesiapan dari masing-masing puskesmas itu sendiri,” ungkap Kailani mewakili  Kepala Kemenag Lambar Maryan Hasan. 

Terusnya, seluruh CJH wajib menjalani  vaksinasi sebagai syarat pemberangkatan, meskipun keputusan kapan akan pemberangkatan dilakukan belum ada. “CJH yang akan menjalani vaksin, imbauan dari petugas kesehatan agar makan pada saat sahur, serta membawa KTP pada saat pelaksanaan, dan tentunya mematuhi protokol kesehatan (Prokes),” ujarnya. 

Lebih lanjut Kailani menjelaskan, ke-608 orang CJH tersebut, merupakan CJH yang sudah melunasi biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH) dan gagal diberangkatkan pada tahun 2020 lalu, akibat kebijakan Pemerintah Arab Saudi untuk menghentikan sementara ibadah haji dan umroh akibat pandemi Covid-19.

”Dari 608 CJH yang akan menerima vaksin itu termasuk lanjut usia (Lansia) atau usia 60 tahun keatas sebanyak 283 Lansia prioritas,” bebernya. 

Meskipun para CJH menerima vaksin,  namun terkait dengan  pemberangkatan belum pasti akibat pertimbangan pandemi Covid-19 dan masih menunggu keputusan dari Pemerintah Arab Saudi tentang keberangkatan jemaah haji Indonesia. 

“Termasuk berapa kuota dan berangkat atau tidaknya jamaah haji, masih menunggu kepastian, namun yang pastinya untuk vaksinasi Covid-19 ini adalah untuk mempersiapkan CJH kita, agar nantinya jika memang pemberangkatan sudah diperbolehkan sesuai kebijakan pemerintah arab Saudi maka CJH kita sudah siap,” kata dia.

Seperti diketahui,  calon jamaah haji yang telah melunasi BPIH pada penyelenggaraan ibadah haji tahun 1441 H menjadi calon jamaah haji pada penyelenggaraan ibadah haji tahun 1442 H/2021 M.

Selanjutnya, setoran pelunasan BPIH pada penyelenggaraan ibadah haji tahun 1441 H/2020 M disimpan dan dikelola oleh Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH).  (nop/mlo)




Pos terkait