620 CJH Lambar akan Jalani Cek Kebugaran

  • Whatsapp
Ilustrasi

Medialampung.co.id – Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Lampung Barat, bekerjasama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) akan melaksanakan cek kebugaran tahap I untuk Calon Jamaah Haji (CJH) tahun 2020.

Cek kebugaran tersebut dijadwalkan pada tanggal 11, 12, dan 13 Februari dan dibagi dalam tiga zona. Untuk zona I meliputi Kecamatan Waytenong, Sekincau, Pagardewa dan Airhitam pada tanggal 11 Februari dipusatkan di Puskesmas Pajarbulan, kemudian zona II meliputi Kecamatan Sumberjaya, Kebuntebu dan Gedungsurian dipusatkan di Puskesmas Sumberjaya, pada tanggal 12 Februari.

Bacaan Lainnya



Kemudian untuk zona III meliputi delapan kecamatan, yakni Balikbukit, Sukau, Lumbokseminung, Batubrak, Belalau, Batuketulis, Suoh dan Bandarnegeri Suoh (BNS) dipusatkan di Puskemas Liwa pada tanggal 13 Februari.

Kepala Kantor Kemenag Lambar Moh Suhanda didampingi Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh Kailani mengatakan, untuk jumlah CJH yang akan mengikuti cek kebugaran tahap I tersebut berjumlah 620 orang.

“Jumlah tersebut merupakan estimasi sementara, mengingat para CJH belum sepenuhnya bisa dipastikan berangkat tahun ini mengingat belum adanya perintah pelunasan,” ungkapnya.

Dijelaskan, cek kebugaran tersebut dilakukan dalam rangka mewujudkan rombongan CJH Lambar yang sehat saat melaksanakan ibadahnya. Saat berhaji kondisi kekebalan tubuh yang memang harus diperhatikan karena disana ada tawaf, sa’i hingga melontar jumrah dan lainnya.

“Melalui cek kebugaran tersebut dapat dipetakan apa yang perlu diwaspadai kepada CJH yang memiliki resiko terkait kondisi kesehatannya. Cek kebugaran tersebut juga bentuk deteksi langsung kepada CJH, sehingga bisa langsung mendapatkan penanganan dan pengawalan secara intensif,” kata dia. (nop/mlo)



Pos terkait