65 WBP Rutan Krui Ikuti Assesment

  • Whatsapp

Medialampung.co.id, PESISIR TENGAH – Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas II B Krui Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) melakukan revitalisasi Rutan Krui terhadap Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) baik tahanan maupun narapidana (napi) untuk mengikuti assesment.

Kegiatan yang merupakan program dari Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia (Kemenkum-HAM), tersebut dihadiri langsung oleh kepala Balai Pemasyarakatakan (Bapas) Kelas II Bandar Lampung, Ike Rahmawati, A.Md, IP, S.H, M.H, serta petugas Pembina Kemasyarakatan (PK) Bapas, Taruni Poltekip serta 65 WBP Rutan Krui, Kamis (27/6).

Bacaan Lainnya



Kepala Rutan Krui, Beni Nurrahman, A.Md, IP, S.H, M.H., mengatakan sebanyk 65 WBP yang mengikuti assesment tersebut meliputi 55 orang tahanan dan 10 orang napi dari berbagai kasus. Kegiatan revitalisasi di Rutan Krui untuk assesment WBP ini merupakan pengajuan dari Rutan Krui ke Bapas Bandar Lampung.

“Kita berharap kedepan dengan adanya assesment terhadap WBP dapat berdampak positif bagi WBP itu sendiri, karena dalam assesment ini akan diketahui semua bakat dan kemampuan seluruh WBP tersebut,” katanya.

Sementara dalam kesempatan itu, Ike Rahmawati, mengatakan bahwa di seluruh Indonesia hanya ada enam Provinsi yang di jadikan sebagai pilot project atau percontohan oleh Kemenkum-HAM RI, salah satunya yakni Provinsi Lampung.

“Seperti yang dilaksanakan saat ini, kami memenuhi permintaan dari Rutan Krui untuk kegiatan assesment WBP,” katanya.

Karena, lanjutnya, tugas Bapas salah satunya yakni melakukan assesment terhadap WBP baik yang belum putus maupun yang sudah putus di Pengadilan. Selain itu, untuk WBP yang belum putus nanti dari hasil assesment ini akan ditentukan ditempatkan di Lapas ataupun Rutan mana, sedangkan yang sudah putus nanti mereka (WBP, red) akan ditentukan program binaan apa yang cocok seperti dibidang industri, kerajinan dan sebagainya.

“Sehingga kedepan WBP yang telah ikut assesment ini akan ditempatkan diwilayah Lapas sesuai dengan kemampuan maupun bakatnya,” jelasnya.(yan/mlo)



Pos terkait