67 Terkonfirmasi Covid-19 di Lampura, 5 diantaranya Meninggal Dunia

  • Whatsapp
Kabid Pencegahan dan Penyebaran Penyakit (P2) Dinkes Lampura, dr. Dian Mauli

Medialampung.co.id – Kasus Terkonfirmasi Covid-19 di wilayah Kabupaten Lampung Utara (Lampura), kembali mengalami peningkatan, Minggu (4/7).

Data dimiliki dinas kesehatan Lampura, dalam sepekan terakhir adalah 67 orang terkonfirmasi Covid-19, hingga kini Lampura mencapai angka 2.186 kasus.

Bacaan Lainnya

“Total penambahan kematian dalam kasus Covid-19 akhir pekan lalu sebanyak 5 orang. Satu diantaranya masih menunggu hasil swab test atau PCR,” kata Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2) Dinkes Lampura, dr. Dian Mauli, Minggu (4/7).

Merujuk data, total kematian akibat pandemi Covid-19 di Lampura mencapai angka sementara 81 orang dari sebelumnya 76 orang awal pekan bulan ini, Kamis (1/7). 

Dua diantaranya terjadi pada kasus baru, terkonfirmasi positif Covid-19 pada rilis diterima hari ini dari Pemerintah Provinsi Lampung.

“Memang belakangan terjadi peningkatan kasus kematian, kemungkinannya terjadi karena kebanyakan mereka mengidap takur dirawat. Padahal memiliki penyakit bawaan,” terangnya.

Oleh karena itu, perlu adanya pemahaman, bukan hanya pemerintah akan tetapi keluarga hingga mereka tak takut untuk dirawat. 

“Itu yang masih menjadi kendala, kenapa angka kematian belakangan terjadi tinggi. Padahal kalau mereka dirawat, setidaknya mengurangi kemungkinan meninggal dunia. Hilang persepsi yang ada selama ini, mari sama-sama kita jaga saudara kita khususnya mereka memiliki penyakit bawaan,” jelasnya.

Pada rekor peningkatan harian tertinggi akhir pekan lalu itu, rekor kasus terkonfirmasi positif masih dipegang oleh Kecamatan Kotabumi Selatan dengan jumlah 18 orang. 

Kemudian diikuti oleh Abung Timur (9), Abung Semuli (7), Bukit Kemuning (7), Kotabumi Utara (4), Abung Surakarta (3), Blambangan Pagar (3)v dan lainnya. (adk/ozy/mlo)


Pos terkait