8 Penyandang Disabilitas di Pringsewu Dapat Bantuan dari Kemensos

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Delapan Penyandang Disabilitas Netra mendapat bantuan alat bantu dan usaha ekonomi produktif (UEP) dari Kementerian Sosial (Kemensos) Republik Indonesia (RI) yang disalurkan melalui Balai Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Sensorik Netra (BRSPDSN) Wyata Guna Bandung Jawa Barat.

Bantuan untuk penyandang disabilitas binaan Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) Amanah Bunda Pringsewu itu melalui Program Layanan Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI) Penyandang Disabilitas yang terintegrasi dengan program lainya. Yakni dengan menggunakan pendekatan berbasis keluarga, komunitas dan/atau kredensial. 

Bacaan Lainnya

Pengurus LKS Amanah Bunda Pringsewu Suwandi dan Kartinah yang langsung menyerahkan bantuan tersebut didampingi oleh masing-masing pendamping Disabilitas mengatakan bantuan yang diberikan melalui LKS merupakan implementasi nyata bahwa Negara hadir. Untuk memenuhi kebutuhan dasar disabilitas. 

“Bantuan yang diamanahkan kepada kami untuk disampaikan adalah bagian dari salah satu implementasi negara hadir untuk memenuhi kebutuhan dasar disabilitas,” ungkap Suwandi, Selasa (12/10).

Sementara itu Sukamto salah satu pendamping yang juga Penyandang Disabilitas tak dapat menahan rasa haru dan terima kasihnya kepada Balai Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Sensorik Netra (BRSPDN) “Wyata Guna” Bandung Bandung Jawa Barat Kemensos RI.

“Mewakili Keluarga Besar LKS Amanah Bunda Kabupaten Pringsewu dan penerima, kami hanya mampu menghaturkan terima kasih atas bantuan yang diberikan kepada saudara kami dan pasti akan sangat bermanfaat bagi mereka,” aku Sukamto. 

“Terima kasih juga atas kerjasama dan kepercayaan yang diberikan kepada kami semuanya,” tambahnya.

Untuk diketahui, BRSPDN Wyata Guna berkedudukan di Bandung, Jawa Barat merupakan salah satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) dibawah Direktorat Jenderal Rehabilitasi Sosial Kementerian Sosial RI.

Adapun bantuan yang telah melalui verifikasi oleh Tim Asessment terdiri dari Kaca Mata, Tongkat Tuna Netra, Masker, Baju Koko, Kasur, Bantal, Bantal Guling, Selimut, Sprei, Peci, Sajadah, Celana, Sarung, Lemari Plastik, Bebek, Kambing, Bibit Lele dan Pakan serta Nutrisi.

Bantuan tersebut untuk Delapan orang Disabilitas Netra antara lain Sudarso asal Pringsewu Kecamatan Pringsewu Fikri asal Pekon Sukaratu Kecamatan Pagelaran. Kemudian Paimin asal Pekon Ambarawa Kecamatan Ambarawa, Sumeri asal Pekon Margodadi Kecamatan Ambarawa, Wigiarto asal Pekon Margodadi Kecamatan Ambarawa, Kukuh asal Pringsewu Timur Kecamatan Pringsewu, M Aldi Setiawan asal Pringsewu Timur Kecamatan Pringsewu, Tumiran asal Pekon Kediri Kecamatan Gadingrejo.(sag/mlo)


Pos terkait