81 PPDP di Labuhanratu Mengawali Coklit dengan Apel Siaga

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) Kecamatan Labuhanratu, Kota Bandarlampung, menggelar apel siaga dalam rangka persiapan menjelang pelaksanaan pemilihan walikota (pilwakot) mendatang.

Kegiatan tersebut diikuti semua unsur dari kecamatan, Panwascam dan TNI-Polri serta 81 PPDP ini dipusatkan di halaman depan kantor kecamatan setempat, Sabtu (18/7).

Bacaan Lainnya



PPDP mendapat tugas mendata daftar pemilih di 6 kelurahan di Labuhanratu sesuai domisili yang tertera dalam kartu indentitas pemilih.

Ketua PPK Labuhanratu, Edi Sulistiyana menjelaskan, 81 petugas pemutakhiran data pemilih, mengikuti apel siaga untuk kesiapan dalam tugas pencocokan dan penelitian (coklit).

Kata dia, dari keseluruhan PPDP itu tidak semuanya ikut apel. Ada beberapa petugas tidak hadir.

“Kita berikan arahan kepada semua petugas yang hadir. PPDP adalah ujung tombak dalam hal pendataan pemilih. Kita berharap seluruh petugas ini bekerja maksimal dengan tetap menerapkan protokol kesehatan,” kata dia.

Terus dia, dalam pendataan, apabila petugas menemukan ketidaksesuaian data dengan KTP domisili, maka bisa saja dilakukan contreng.

Misalnya, sebuah keluarga yang ada di satu wilayah tapi tidak bisa menunjukkan KK atau KTP, maka keluarga tersebut tidak bisa masuk data pemilih di wilayah tempat tinggalnya.

Sementara Camat Labuhanratu, Tarsi Juliawansa mengatakan bahwa pihaknya telah mengingatkan apa saja tugas PPD.

“Petugas pendataan sudah dIkasih data 3.800 pemilih oleh KPU. Tapi itu data mentah, nah PPDP menyambangi tiap-tiap warga untuk memastikan berapa orang dalam satu rumah sehingga data yang sudah ada nantinya betul-betul sesuai dengan riilnya di lapangan,” terangnya.

Lalu soal pemetaan, selain data pemilih harus sesuai atau akurat, lokasi pencoblosan juga harus tepat. Sebab, di satu TPS nantinya hanya untuk maksimal 500 pemilih. (*/mlo)



Pos terkait