88 TKI Asal Lambar Aman dari Virus Corona

  • Whatsapp
Kepala Dinas Penanaman Modal, PTSP, dan Tenaga Kerja Ir. Sugeng Raharjo, M.T

Medialampung.co.id – Sebanyak 88 Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Kabupaten Lambar yang bekerja diluar negeri kondisinya aman dari virus Corona. Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Penanaman Modal, PTSP, dan Tenaga Kerja Ir. Sugeng Raharjo, M.T,  Kamis (19/3).

Menurutnya, jumlah TKI asal Lambar yang bekerja diluar negeri saat ini mencapai 88 orang, rinciannya diberangkatkan tahun 2019 sebanyak 75 orang  dan tahun 2020 sebanyak 13 orang.  “Sebanyak 88 TKI asal Lambar itu lai laki 45 orang sedangkan perempuan 43 orang,” ujar dia.

Bacaan Lainnya



Masih kata dia, TKI asal Lambar itu tersebar di negera Taiwan, Hongkong, Singapura dan Malaysia.  Sementara untuk negara Cina itu tidak ada.

“Sesuai informasi yang kami dapat dari Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Provinsi Lampung, sampai saat ini tidak ada TKI  yang pulang ke Indonesia (Lampung Barat), dan tidak ada yang terkena virus Corona (covid 19),” tegasnya.

Dia mengatakan setiap ada permasalahan, biasanya pihak keluarga maupun pihak perusahaan penyalur atau BP2MI  langsung menghubungi dan melapor atau koordinasi kepada pihaknya. Hal itu dikarenakan proses keberangkatan TKI bekerja ke luar negeri atas rekomendasi dari pihaknya. “Mudah-mudahan mereka semua dalam kondisi yang aman,” kata dia.

 Seraya menambahkan,  untuk rekomendasi pemberangkatan TKI keluar negeri sesuai informasi dari BP2MI  masih dilayani pembuatannya, tetapi untuk pemberangkatannya dilakukan oleh BP2MI.  “BP2MI akan membuat surat edaran penghentian penempatan PMI jika sudah ada surat dari Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker) RI,” pungkas dia. (lusi/mlo)



Pos terkait