9.178 Rumah KPM PKH Mulai Ditempel Stiker

  • Whatsapp

Medialampung.co.id Sebanyak 9.178 rumah Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) diseluruh Kecamatan di-Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) mulai ditempel stiker secara serentak, Senin (10/2).

Penempelan stiker di rumah KPM bantuan sosial (bansos) PKH itu secara simbolis dilakukan oleh bupati Pesbar, Dr.Drs.Hi.Agus Istiqlal, S.H, M.H., yang di pusatkan di Pekon Rawas Kecamatan Pesisir Tengah.  Hadir dalam kesempatan itu kepala Dinas Sosial (Dinsos) Pesbar, Agus Triyadi, S.Ip, M.M., dan sejumlah kepala OPD dilingkungan Pemkab setempat, serta unsur Forkopimda dan pendamping PKH Kabupaten Pesbar.

Bacaan Lainnya


Kepala Dinsos Pesbar, Agus Triyadi mengatakan untuk meyakinkan masyarakat terhadap penerima bansos PKH itu tepat sasaran dan berkeadilan maka hari ini di lounching penempelan stiker di rumah KPM PKH. Penempelan stiker itu tidak bermaksud untuk membully keluarga KPM, tapi itu lebih kepada peningkatan kontrol dari warga masyarakat.

“Sehingga kedepan bansos PKH diterima oleh orang-orang yang layak menerimanya. Ini sesuai arahan Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial Kemensos RI No.1902/4/S/HK.02/05/2019 tertanggal 9 Mei 2019 tentang labelisasi KPM PKH,” jelasnya.

Dikatakannya, sepanjang 2019 lalu hingga awal 2020, Dinsos Pesbar bersama Pendamping PKH telah berhasil melakukan Graduasi terhadap 500-an KPM PKH yang diidentifikasi karena sudah tidak memiliki komponen dan sudah sejahtera.

“Dinsos bersama para Pendamping PKH akan terus berupaya untuk melakukan pemutakhiran data, sehingga data KPM PKH benar-benar valid,” ujarnya.

Sementara itu, bupati Agus Istiqlal, dalam kesempatan itu mengatakan PKH merupakan program Pemerintah Pusat yang dilaksanakan melalui Kemensos. Program itu bertujuan untuk membantu dan mengurangi tingkat kemiskinan. Karena itu, Pemkab Pesbar sangat menyambut baik program PKH itu akan menjembatani antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah khususnya keluarga yang sangat miskin di Pesbar.

“Sedangkan, pemasangan stiker KPM PKH ini sebagai bentuk keseriusan Pemkab Pesbar untuk menjalankan PKH sehingga kedepan bisa lebih tepat sasaran,” pungkasnya.(yan/d1n/mlo)



Pos terkait