91 dari 221 Kampung di Waykanan Telah Cairkan DD Tahap I

  • Whatsapp
Kabid Keuangan Aset dan Pembangunan Kampung Dinas PMK Waykanan, Rawan Utara

Medialampung.co.id – Dari 221 Kampung di Kabupaten Waykanan, 91 kampung yang telah mencairkan Dana Desa (DD) 40 % tahap pertama. Dan 64 Kampung diantaranya telah melalui realisasi pembagian Bantuan Langsung Tunai (BLT-DD).

“Sampai hari ini sudah ada 91 Kampung yang telah mencairkan DD-nya, yang meliputi DD Reguler, DD untuk Covid-19 dan DD untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT), bahkan 64 Kampung diantaranya telah melakukan realisasi pembagian BLT-DD. Data tersebut terhitung per 9 April 2021,” ungkap Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (PMK) Kabupaten Waykanan Ixuan Ahmadi, S.Sos., melalui Kepala Bidang Keuangan Aset dan Pembangunan kampung Dinas PMK Waykanan, Rawan Utara.

Bacaan Lainnya


Lebih lanjut, Rawan menjelaskan bahwa untuk Kampung dengan DD Tahap I belum bisa direalisasikan, karena rata-rata terkendala penyampaian Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Kampung (RAPBKam).

“Syarat penyaluran kan RAPBKam-nya harus sudah selesai, sedangkan RAPBKam kawan-kawan ini banyak yang berubah untuk menyesuaikan dengan ketentuan dari pusat. Karena di Bulan Februari atau Maret Pemerintah menerbitkan kebijakan baru terkait anggaran untuk penanganan Covid-19. Karena Anggaran Dana Desa minimal 8% harus dialokasikan untuk pencegahan Covid-19. Itu yang belum terakomodir dari RAPBKam yang sudah disusun sebelumnya, karena kebijakan baru tersebut, sehingga mereka harus merubahnya lagi. Maka dari itu, banyak Kampung yang terlambat menyalurkan BLT-DD,” ujarnya.

Masih menurut Rawan, bahwa hal tersebut dikarenakan terdapat beberapa Kecamatan yang mensyaratkan harus menyelesaikan administrasi pada Tahun lalu, misalnya saja menyelesaikan tunggakan pajak pada Tahun 2020, Anggarannya harus sudah ada di rekening. Namun, secara aturan Ia menuturkan, hal tersebut tidak menjadi syarat penyaluran, tetapi hal tersebut merupakan kebijakan dari masing-masing kecamatan sebagai kontrol. 

“Walaupun diregulasi pada dasarnya tidak ada ketentuan bahwa Dana tahap I harus lunas pajak Tahun lalu, laporan realisasi Dana Desa Tahun sebelumnya, hanya RAPBKam saja kalau secara aturan, namun itu semua kembali kepada kebijakan Kecamatan masing-masing,” imbuhnya,

Dalam pada itu, beberapa kampung yang sudah mendapatkan kucuran Dana Desa mengaku merasa lega, karena dapat segera menyelesaikan amanah dengan membagikan BLT-DD, karena dana tersebut memang sangat dibutuhkan masyarakat di masa pandemi dan di Bulan Suci Ramadhan Ini.(*/mlo)




Pos terkait