Gempa Berkekuatan 4,8 SR Guncang Pesbar

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Kabupaten Pesisir Barat diguncang gempa bumi tektonik berkekuatan 4,8 Skala Richter (SR), sekitar pukul 00.36 WIB, Jum’at (22/11). Meski guncangan gempa bumi cukup terasa, namun hingga kini belum ada informasi terjadinya dampak akibat gempa bumi tersebut.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pesbar, Syaifullah, S.Pi., mengatakan berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), pusat gempa bumi tektonik yang berkekuatan 4,8 SR itu terletak pada koordinat 5.45 LS – 103.58 BT, tepatnya berada di Laut pada jarak 48 kilometer (KM) Barat Daya Kabupaten Pesbar, Lampung dengan kedalaman 27 Kilometer.

Bacaan Lainnya



Lanjutnya, dari analisis BMKG juga menjelaskan bahwa ditinjau dari lokasi epicenter dan kedalaman hiposenternya tampak bahwa gempabumi yang terjadi merupakan gempabumi Dangkal akibat aktivitas Zona Subduksi (Megathrust)  di Pesbar, dimana Lempeng Indo-Australia menyelusup menunjam kebawah Lempeng Eurasia.

Selain itu dampak gempabumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempabumi ini dirasakan di wilayah Krui dengan Skala Intensitas I – II MMI, di Liwa dengan Skala Intensitas II – III MMI, di Pesisir Barat dengan Skala Intensitas III – IV MMI.  

“Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempabumi tersebut,” katanya.

Masih kata dia, dari hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock). Meski begitu, pihaknya menghimbau kepada mayarakat agar tetap tenang.

“Kita juga berharap kepada masyarakat di Kabupaten Pesbar agar tidak panik saat terjadi gempa bumi dan bisa segera memberikan informasi jika terjadi dampak terhadap bencana baik gempa bumi maupun bencana alam lainnya,” pungkasnya.(yan/mlo)



Pos terkait