Abrasi Mengancam Rumah dan Masjid, Warga Harapkan Perbaikan Talud

  • Whatsapp

Medialampung – Masyarakat Pekon Labuhan, Kecamatan Pulau Pisang, berharap Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), dapat memperbaiki talud penahan abrasi yang mengalami kerusakan di pekon setempat. Pasalnya, jebolnya talud akibat terjangan ombak itu kini mengancam pemukiman warga, termasuk masjid yang berada sekitar talud itu.

Apip Nur salah seorang warga setempat mengatakan hancurnya talud itu sudah berlangsung sejak beberapa bulan lalu, dikhawatirkan saat terjadi gelombang tinggi kondisi talud akan semakin parah dan merusak bangunan terdekat.

Bacaan Lainnya



“Kondisi ini sudah berlangsung cukup lama, itu akibat gelombang laut sedang tinggi dan menghantam talud itu hingga hancur,” kata dia.

Pihaknya hanya berharap agar Pemkab Pesbar dapat memperbaiki atau membangun ulang talud yang hancur itu, sehingga tidak terjadi abrasi pantai yang dapat merusak pemukiman warga.

“Kita berharap kerusakan talud itu bisa segera ditangani, apalagi lokasinya yang dekat dengan pemukiman warga, dan mengancam bangunan masjid kalau terjadi abrasi lagi,” ujarnya.

Sementara itu, Camat Pulau Pisang, Lukmanulhakim mengaku pihaknya telah melaporkan kejadian itu ke Pemkab Pesbar. Bahkan, dirinya berharap pemkab setempat dapat mengalokasikan perbaikan talud itu di anggaran perubahan mendatang.

“Sudah kita laporkan ke Pemkab Pesbar, mudah-mudahan direspon sehingga bisa dianggarkan di anggaran perubahan tahun ini,” ungkapnya.

Menurutnya, kerusakan pada talud itu akibat gelombang tinggi yang terjadi pada Mei lalu, beruntung hanya talud yang mengalami kerusakan tidak sampai merusak fasilitas umum dan rumah warga.

“Masyarakat berharap talud itu segera ditangani, sehingga saat gelombang tinggi kerusakannya tidak semakin parah, apalagi lokasinya dekat dengan rumah warga,” pungkasnya. (ygi/d1n/mlo)



Pos terkait