Ada 3 Dampak yang Bisa Anda Alami saat Menyantap Sushi

  • Whatsapp
Foto Ilustrasi

Medialampung.co.id – Hidangan sushi menjadi salah satu favorit pencinta kuliner Jepang. Menu ini memang lezat, tap tahukah ada hal buruk yang mungkin dialami?

Dipaparkan oleh Dr. Tania Dempsey dan Stella Metsovas selaku ahli nutrisi, ada sederet hal buruk yang bisa terjadi di tubuh saat kita konsisten mengonsumsi banyak ikan mentah, termasuk sushi. Apa saja hal buruk tersebut? berikut di bawah ini ulasan singkatnya.

Salmonella

Ialah penyakit bawaan makanan yang sering ditemukan pada ikan dan daging mentah karena tidak disiapkan dengan benar. Peluang mengalami keracunan salmonella juga bisa terjadi karena mengonsumsi sushi. Bahkan infeksi virus seperti norovirus disebutkan memiliki keterkaitan dengan memakan sushi mentah.

Sakit perut akibat parasit cacing pita

Ada beberapa contoh kasus nyata orang terkena parasit cacing pita karena mengonsumsi ikan mentah. Di 2018, ada kasus seorang pria yang diketahui memiliki cacing pita sepanjang 152 centimeter di tubuhnya, kemungkinan karena memakan ikan mentah.

Dokter Tania menyebutkan, jenis parasit yang sedang naik daun adalah Anasakiasis, atau penyakit cacing herring. Menempel pada perut atau usus dan menyebabkan sakit perut akut, muntah, dan demam. Bahkan dalam beberapa kasus, dapat menyebabkan alergi, reaksi anafilaksis.

Infeksi akibat bakteri listeria

Keadaan infeksi serius yang disebabkan oleh makanan yang terkontaminasi, sering ditemui di makanan yang berasap dan ikan mentah. Listeria sangat berbahaya bagi wanita hamil. Bakteri patogen seperti Listeria monocytogenes, Staphylococcus aureus, dan Bacillus cereus dapat jadi bencana di usus.

Stella menyebutkan, bahaya utama dari mengkonsumsi ikan mentah dapat diterjemahkan menjadi penyakit menular yang dapat menyebabkan sakit perut, mual, dan muntah parah. (okezone/mlo)



Pos terkait