Adipati Surya Hadiri Penandatanganan Perjanjian Kerjasama Donor Darah

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Dalam rangka kampanye hari donor darah sedunia, Bupati Waykanan, Raden Adipati Surya, hadiri penandatanganan perjanjian kerjasama donor darah di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Zainal Abidin Pagar Alam, Selasa (14/7).

Pada kesempatan itu Bupati Waykanan Hi. Raden Adipati Surya, SH., MM, menyatakan bahwa hari itu, RSUD Zainal Abidin Pagar Alam menandatangani kesepakatan kerjasama donor darah dengan Lanudad, Danskadron, Gatot Subrito Way Tuba, Kodim 0427 dan Polres, Waykanan.

Bacaan Lainnya



“Terobosan yang diambil oleh Direktur RSUD, Kadis Kesehatan Way.kanan ini sangat bagus, karena kita memang membutuhkan orang yang mau dan ikhlas untuk donorkan darahnya, untuk itu Mari kita bangun dan lanjut kerjasama ini untuk masyarakat Waykanan Lebih baik ke depan,” tegas Adipati Surya.

Lebih jauh ketua DPC Partai Demokrat Waykanan tersebut menerangkan perlunya edukasi kepada masyarakat bahwa donor darah itu sangat penting, baik bagi pendonor maupun untuk orang lain yang memerlukan,

Manfaat bagi pendonor, kesehatannya akan lebih terjaga karena darah berganti, namun tidak semua orang paham dengan hal itu, untuk itulah tujuan dan manfaat donor darah ini harus kita sosialisasikan dengan masyarakat, agar masyarakat juga paham, donor darah jangan hanya mengambil momen tertentu saja.

“Jadi pihak yang berkompeten harus memiliki inovasi untuk menarik masyarakat agar mau donor darah, sehingga stok darah di Waykanan dapat selalu terpenuhi, karena masalah utamanya adalah masyarakat kita banyak yang belum mengetahui fungsi dan tujuan dirinya untuk mendonorkan darah, dan kalau tujuan dan fungsi itu sudah dipahami oleh masyarakat saya yakin masyarakat akan dengan sukarela mendonorkan darahnya karena selain membantu sesama juga mendapatkan pahala dihadapan Allah Subhanahu Wa Ta’ala,” tutur Adipati. 

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Waykanan Anang Risgianto menambahkan bahwa kerjasama antara PMI Polres Kodim 0407 Waykanan Skadron 12 serbu berbentuk jejaring donor darah.

“Setiap tanggal 14 Juli selalu diperingati sebagai hari donor darah sedunia, yang dirayakan berbagai negara dengan berbagai cara pula namun bertujuan yang sama yakni meningkatkan kesadaran masyarakat akan kebutuhan darah dan produk darah yang aman,” terang Anang.

Sementara direktur Rumah Sakit Umum Zainal Abidin pagar alam Waykanan dokter Burhan menyatakan bahwa Tema Hari Donor Darah Sedunia 2020 adalah “Save Blood Saves Lives” (Darah yang aman menyelamatkan nyawa). Dengan slogannya “Give Blood and Make the World a Healthier Place” (Berikan darah dan jadikan dunia tempat yang lebih sehat).

“Idenya adalah untuk fokus pada kontribusi yang dapat diberikan oleh seorang individu untuk meningkatkan kesehatan bagi orang lain di masyarakat,” pungkasnya.(wk1/mlo)



Pos terkait