Adipati Surya Imbau Warganya Waspadai Kemungkinan Banjir

  • Whatsapp
Bupati Waykanan Hi. Raden Adipati Surya, SH. MM

Medialampung.co.id – Bupati Waykanan Hi. Raden Adipati Surya, SH, MM, menghimbau warganya untuk selalu waspada menghadapi berbagai kondisi alam di musim penghujan tahun ini mengingat terdapat 8 Kecamatan yang menjadi langganan banjir.

Selain itu, Adipati Surya juga menekankan kepada dinas instansi terkait khususnya BPBD Waykanan agar setiap saat dapat memberikan bantuan pada masyarakat yang terkena dampak bencana alam khususnya banjir.

Bacaan Lainnya



“Banjir sebenarnya sudah biasa di Waykanan, walaupun kerap membuat petani gagal panen namun selama ini belum pernah ada korban jiwa. Tahun ini persiapan harus lebih dimatangkan sejak dini, karena selain banjir juga kita sedang menghadapi wabah virus Corona atau Covid-19, Untuk itu saya berharap semua camat yang daerahnya rentan akan bahaya banjir selalu menyiapkan tim khusus dengan berkoordinasi dengan kepala kampung dan tim BPBD,” ujarnya.

Adipati juga melanjutkan, terkait dengan beberapa ancaman tersebut ia berharap kepada Dinas Sosial guna mempersiapkan bantuan yang akan diberikan kepada masyarakat yang terdampak.

“Dari laporan yang saya terima, beberapa kali kecepatan yang di Agung pakuan Ratu maupun Negara Batin sudah terdapat banjir walaupun belum parah. Oleh sebab itu semua pihak terkait Saya minta untuk benar-benar mempersiapkan diri dan bagi masyarakat yang tinggal di bantaran sungai sungai besar untuk bersiap-siap direlokasi, sehingga bila saatnya tiba nanti situasi bisa terkendali,” imbuhnya.

Terpisah Kalakhar BPBD Waykanan, Bismijanadi, SE, menyatakan pihaknya melalui tim reaksi cepat senantiasa siap siaga memberikan pertolongan dan penanggulangan untuk masyarakat yang terkena dampak banjir walaupun dengan kondisi sarana dan prasarana yang sangat minim.

“Banjir ini kan bencana musiman, masyarakat pun sudah memahami kapan akan terjadi banjir, oleh sebab itu BPBD Waykanan senantiasa berkoordinasi dengan Dinas Sosial maupun dinas instansi terkait untuk memberikan pertolongan pada masyarakat yang terdampak banjir, apalagi di masa pandemi corona yang tentu sangat membutuhkan perhatian ekstra,” ujar Bismijanadi.(wk1/mlo)



Pos terkait