Adri Beri Penyuluhan Kader Bela Negara

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Komandan Kodim (Dandim) 0422 Lampung Barat, Letkol Kav Adri Nurcahyo, S.T, M. Si., memberikan pembinaan Kader Bela Negara kepada anggota Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Lampung Barat yang dikuti sebanyak 75 orang, melalui kegiatan pembinaan teritorial (Binter) terpadu Kodim 0422 LB di Aula Sudirman, Senin (11/11).

Adri mengungkapkapkan, kegiatan itu dilaksanakan untuk mewujudkan generasi penerus bangsa yang berkarakter dan memiliki inovasi guna kemajuan bangsa dan negara, melalui penyuluhan bela negara yang diberikan kepada anggota PSHT ini sebagai upaya untuk membentuk karakter cinta terhadap tanah air.

Bacaan Lainnya



”Tujuan dari penyuluhan makna bela negara kepada para anggota PSHT adalah untuk meningkatkan wawasan kebangsaan dan bela negara  yang merupakan generasi muda penerus bangsa. Dengan harapan, para generasi muda itu memiliki jiwa patriotisme dan nasionalisme yang tinggi,” ujarnya.

Selain itu, kader bela negara juga bisa memahami nilai-nilai yang terkandung dalam lima butir Pancasila, dan kemudian dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan masyarakat. Selain itu juga untuk meningkatkan kecintaan kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Terusnya, semua elemen masyarakat sampai lapisan terbawah pun mempunyai tanggung jawab dalam bela negara, hanya bentuknya yang berbeda-beda. “Sebagai warga negara kita diwajibkan ikut serta dalam upaya membela negara yang bisa diwujudkan ke dalam beberapa bentuk, seperti pendidikan kewarganegaraan yaitu mempelajari dan menghayati ilmu pengetahuan tentang hak dan kewajiban warga negara, menjadi warga negara yang baik, warga negara yang patuh pada hukum dan kontrak sosial lainnya,” jelasnya.

Upaya bela negara adalah sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaan kepada Kesatuan Negara Republik Indonesia. Selain sebagai kewajiban dasar manusia, juga merupakan kehormatan bagi setiap warga negara melaksanakan dengan penuh kesadaran tanggungjawab dan rela berkorban dalam pengabdian kepada negara dan bangsa. (nop/lus/mlo)



Pos terkait