Agar Terhindar dari Virus Corona, Ini Dia Tipsnya

  • Whatsapp
Foto Ilustrasi

Medialampung.co.id – Anjuran konsumsi sejumlah herbal antivirus seperti jahe, temulawak, sereh, dan kunyit sedang viral belakangan ini usai ditemukannya dua kasua positif virus corona Covid-19 di Indonesia.

Akan tetapi, menurut dr. Danang Ardiyanto, peneliti atau Koordinator Rumah Riset Jamu Hortus Medicus Balai Besar Litbang Tanaman Obat dan Obat Tradisional Tawangmangu, mencegah Covid-19 di Indonesia tak hanya bisa dilakukan dengan mengonsumsi obat herbal, namun juga dengan perilaku hidup bersih dan sehat.

Bacaan Lainnya



“Kunci utama adalah PHBS (perilaku hidup bersih dan sehat). Konsumsi herbal atau suplemen hanya sebagian upaya untuk meningkatkan daya tahan tubuh,” papar dr. Danang, pada Selasa (3/3/2020).

Dihubungi terpisah, Dr (Cand.) dr. Inggrid Tania, MSi, Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI) menyebutkan empon-empon atau herbal seperti yang disebutkan di atas memang memiliki kandungan dan senyawa-senyawa lain yang bersifat antiperadangan dan antioksidan.

Dua hal ini dapat memperkuat sistem imunitas tubuh terhadap infeksi virus dan bakteri secara umum dan mencegah kerusakan sel-sel tubuh akibat proses peradangan karena infeksi. (suaracom/mlo)



Pos terkait